Rabu, Oktober 30, 2013

Celah Sekolah Sepak Bola ke Belanda



Tristan Alif Naufal akan menginjakkan kaki di Belanda dengan tujuan belajar sepak bola. Belum jelas berapa lama ‘Messi’ Indonesia ini bisa menetap di Belanda. Yussa Nugraha  12 tahun sudah berhasil mendapat izin tinggal di Belanda. Bocah dari Surakarta itu sejak empat tahun ini main di klub lokal Belanda. Bermodal visa ikut orang tua yang bekerja di Den Haag. Di Belanda dia bebas bisa main di mana saja tanpa kendala.  Seperti apa peluang anak Indonesia bisa unjuk bakat di Belanda?


Penulis melihat banyak potensi bakat sepak bola di Indonesia yang sejatinya tidak kalah dengan rekan seusia mereka di Eropa. Namun karena kesempatan dan lingkungan yang tidak mendukung, sehingga bakatnya tidak berkembang maksimal.

Fasilitas Lengkap
Sementara itu rekan mereka di Belanda, lebih mujur. Bimbingan, pelatihan dan fasilitas yang sudah memadai berdasarkan standar internasional. Lapangan yang mereka biasa pakai latihan tidak jauh berbeda dengan kualitas lapangan di stadion besar. Rumput di klub tarkam Buitenboys SC tidak kalah dengan kualitas rumput di ArenA Amsterdam atau Stadion Philips di Eindhoven.

Untuk memiliki fasilitas latihan yang bagus itu, klub-klub amatir Belanda mendapat subsidi dari pemerintah daerah.  Tiga lapangan rumput dan dua sintentis, dikelola dan milik pemda. Klub hanya menyewa secara simbolis 1 euro pertahun. Sekitar Rp. 15 ribu setahun.

Penulis tidak mengatakan bahwa pemda di Indonesia juga harus melakukan hal yang sama. Karena mungkin APBD lebih diprioritaskan ke pengentasan kemiskinan atau perbaikan infrastuktur di daerah.

Penulis hanya mencoba melihat, sejauh mana bakat dari Indonesia bisa juga merasakan atmosfir sepakbola di negeri yang sudah mapan, seperti Belanda. Untuk bisa masuk Belanda diperlukan visa atau izin tinggal. Jenisnya ada dua, kunjungan singkat kurang dari dua bulan. Atau kunjungan jangka panjang, kuliah di perguruan tinggi atau ikut ayah yang bekerja di Belanda, seperti Yussa.

Masalah Visa
Sepakbolanda menyadari tidak semua anak memiliki kesempatan seperti Yussa Nugraha. Bermain sepak bola di Belanda ini. Sebab rekan-rekan Yussa di Indonesia yang mungkin memiliki kwalitas minimal sama, belum tentu bisa masuk ke Belanda dan mendaftarkan diri ikut kompetisi reguler di Belanda. Masalahnya di visa atau izin tinggal.

Non-Eropa
Klub Belanda tidak diperbolehkan mengontrak pemain di bawah 17 tahun. Apalagi kalau pemain dari negara luar Uni Eropa. Syaratnya lebih sulit lagi dibanding  pemain dari negara dalam wilayah Uni Eropa sendiri. Jadi sebagus apapun bakat dari non-Eropa, kalau dia masih di bawah 17 tahun tidak akan mendapatkan kontrak dan mendapatkan visa berdasarkan kontrak sepakbola itu.
Setelah bakat berusia 17 tahun pun, ada aturan lain yang mempersulit klub Belanda untuk mengontrak pemain non-Eropa. Klub harus keluar banyak dana untuk mendatangkan pemain berbakat dari luar Eropa. Ini butuh pembahasan lebih jauh lagi. Untuk sekarang kita batasi saja pada usia bawah 17 tahun.

Situasi Ideal
Bukan tidak mungkin untuk bisa menciptakan situasi seperti Yussa Nugraha. Ikut orang tua yang bekerja di Belanda. Inilah sebenarnya situasi paling ideal untuk bisa sekolah sepak bola di Belanda. Karena dia akan mendapatkan kesempatan dan peluang luas seperti layaknya anak-anak Belanda, Uni Eropa. Sekalipun paspornya masih tetap Indonesia. Kalau sudah pengang izin tinggal MVV (machtiging tot voorlopig verblijf) izin tinggal untuk berdomisili di Belanda, maka main bola di kawasan Schengen tidak masalah.

Masih Sulit
Bukan rahasia lagi, mendapat visa ke Belanda (Schengen) butuh syarat yang panjang bagi orang Indonesia. Selama persyaratan visa Belanda bagi warga Indonesia masih sulit , maka model Yussa Nugraha adalah pemecahan terbaik. Tapi sepakbolanda juga menyadari, bahwa tidak semua orang bisa begitu saja mendapatkan pekerjaan di Belanda. Apalagi saat ini ketika ekonomi Eropa sedang sulit.

Visa Turis
Sepakbolanda melihat celah lain yang lebih realistis dan bisa dilakukan banyak orang. Plan B ini adalah datang ke Belanda sebagai turis, mendapat ijin selama 60 hari. Kemudian diperpanjang menjadi 90 hari, dengan alasan yang jelas kepada IND (Dinas Imigrasi dan Naturalisasi Belanda.) Kesempatan total tiga bulan ini bisa ditempuh untuk didaftarkan ke KNVB dan klub agar bisa ikuti kompetisi tingkat amatir.


Sepakbolanda menyadari bahwa proses ini tidak seperti membalikkan tangan, dan bisa rampung dalam sepekan. Untuk merealisasikan butuh persiapan waktu, mental, finansial dan administrasi yang matang. Baik di Indonesia sendiri, dan terutama di Belanda. Penginapan bisa dicarikan yang murah, tapi sehat selama tiga bulan, mengurus izin tinggal di kepolisian, pendaftaran ke KNVB, administrasi ke klub penampung, pembimbing urusan luar lapangan: sekolah, transportasi, kesehatan, makanan dll.

Dilirik Scout
Kalau sudah bisa ikut training dan bermain kompetisi serta punya kwalitas di atas rata-rata Belanda, pemain ini kemungkinan besar menarik perhatian scout-scout atau pemburu bakat utusan klub besar. Mereka biasa ngintip bakat yang sedang beraksi di laga kompetisi junior. Harapannya tentu saja ada scout yang tertarik dan mengajak bicara soal masa depan.

Talentendag
Cara lain menarik perhatian scout adalah mengikuti acara buru bakat “Talentendag” di klub-klub daerah. Setiap klub besar Belanda mengirimkan scoutnya untuk menyeleksi bintang muda untuk tim junior klubnya. Antara klub-klub Belanda ada kesepakan tidak tertulis. Bahwa klub hanya boleh memburu bakat di wilayah ‘teritorial’ masing-masing. PSV di Eindhoven dan sekitarnya. FC Twente di Belanda Timur dan Ajax di Belanda Utara.

Johnny Heitinga, pemain keturunan Indonesia di Everton, terjaring karena ikut “talentendag” yang dihadiri scout Ajax. Jadi si bakat Indonesia bisa membidik  ’talentendag’ berdasarkan klub idamannya. Kalau ingin ke Ajax, berarti harus daftar di Belanda Utara.

Tiga Bulan
Sepakbolanda terus mencari celah paling realistis bagi WNI untuk bisa kompetisi dan unjuk kebolehan di pengamat sepak bola Belanda. Sejauh ini kompetisi resmi KNVB, Asosiasi Sepak bola Belanda bisa diikuti oleh pemain yang terdaftar di klub untuk minimal 6 bulan (separoh kompetisi.) 

Ada Celah
Setelah si bakat ikut kompetisi selama tiga bulan di Belanda, dan dilihat oleh scout klub besar, harapannya ada impian-impian kecil yang tercapai dan terrealisasi. Dari sana kedua pihak bisa membicarakan langkah kedepannya kalau memang ‘berjodoh.’  Di sini Sepakbolanda hanya ingin memberi gambaran: bahwa sebenarnya ADA celah yang bisa dimanfaatkan bakat Indonesia yang ingin main sepak bola di Belanda.

Sepakbolanda jadi ingat pepatah kuno: “Lebih baik satu anak burung di tangan dari pada 10 di pohon.” Siapa tahu burung kecil itu nanti besarnya jadi Garuda yang kekar!!

Untuk info lebih jauh mengenai cara terbaik mengikuti sekolah sepak bola di Belanda:
info[at]sepakbolanda.com atau Whatsapp: +31-64500 3336

19 komentar:

witag oost mengatakan...

syarat yang sangat sulit, apalagi buat yang berkantong sangat tipis, mungkin kiranya model sponsor, atau apa ya bisa mengembangkan bakat disini,

sepakbolanda mengatakan...

Sebetulnya tidak terlalu sulit juga om Witag Oost. Walaupun berkantong tipis tapi memiliki bakat yang ditopang dengan kemauan keras, Insya Allah ya. Kalau kita melihat Tristan Alif Naufal yang sekarang ikut latihan dengan Akademi Ajax itu kan berasal dari keluarga yang biasa juga. Jadi ingat pepatah: Di mana ada kemauan disitu...

Arab Credit Group mengatakan...

Assalamualaikum wr.wb


Kami adalah perusahaan pinjaman online terkemuka yang menyediakan layanan yang sangat cepat dan mudah dengan suku bunga rendah untuk pinjaman, tujuan utama kami adalah untuk membantu Anda dalam membangun bisnis Anda dan membuat Anda mandiri secara finansial. Anda harus siap untuk mengembangkan bisnis Anda dan memberi diri Anda dan keluarga Anda kehidupan yang lebih baik dan kesempatan untuk lebih nyaman dengan kehidupan, jangan hanya duduk di sana dan berharap semuanya akan berbalik. ini adalah kesempatan Anda untuk bebas dari semua hutang Anda, dan meningkatkan status keuangan Anda, meminta sejumlah pilihan Anda dan kami akan menyediakannya untuk Anda dalam waktu kurang dari 3 hari. ini adalah kesempatan yang telah Anda doakan, hubungi kami hari ini dan Anda akan sangat senang Anda melakukannya.

Hubungi kami dengan.
Perusahaan: Arab Credit Group
Email: Arabcreditgroup@gmail.com

RIKA NADIA mengatakan...

Halo semuanya, saya Rika Nadia, saat ini tinggal orang Indonesia dan saya warga negara, saya tinggal di JL. Baru II Gg. Jaman Keb. Lama Utara RT.004 RW.002 No. 26. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberikan saran nyata kepada semua warga negara Indonesia yang mencari pinjaman online untuk berhati-hati karena internet penuh dengan penipuan, kadang-kadang saya benar-benar membutuhkan pinjaman , karena keuangan saya buruk. statusnya tidak begitu baik dan saya sangat ingin mendapatkan pinjaman, jadi saya jatuh ke tangan pemberi pinjaman palsu, dari Nigeria dan Singapura dan Ghana. Saya hampir mati, sampai seorang teman saya bernama EWITA YUDA (ewitayuda1@gmail.com) memberi tahu saya tentang pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ny. ESTHER PATRICK Manajer cabang dari Access loan Firm, Dia adalah pemberi pinjaman global; yang saya hubungi dan dia meminjamkan saya pinjaman Rp600.000.000 dalam waktu kurang dari 12 jam dengan tingkat bunga 2% dan itu mengubah kehidupan seluruh keluarga saya.

Saya menerima pinjaman saya di rekening bank saya setelah Nyonya. LADY ESTHER telah mentransfer pinjaman kepada saya, ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah Rp600.000.000 yang saya terapkan telah dikreditkan ke rekening bank saya. dan saya punya buktinya dengan saya, karena saya masih terkejut, emailnya adalah (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

Jadi untuk pekerjaan yang baik, LADY ESTHER telah melakukannya dalam hidup saya dan keluarga saya, saya memutuskan untuk memberi tahu dan membagikan kesaksian saya tentang LADY ESTHER, sehingga orang-orang dari negara saya dan kota saya dapat memperoleh pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) silakan hubungi LADY ESTHER Dia tidak tahu bahwa saya melakukan ini tetapi saya sangat senang sekarang dan saya memutuskan untuk memberi tahu orang lain tentang dia, Dia menawarkan semua jenis pinjaman baik untuk perorangan maupun perusahaan dan juga saya ingin Tuhan memberkati dia lebih banyak,

Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: (rikanadia6@gmail.com). Sekarang, saya adalah pemilik bangga seorang wanita bisnis yang baik dan besar di kota saya, Semoga Tuhan Yang Mahakuasa terus memberkati LADY ESTHER atas pekerjaannya yang baik dalam hidup dan keluarga saya.
Tolong lakukan dengan baik untuk meminta saya untuk rincian lebih lanjut tentang Ibu dan saya akan menginstruksikan, dan ada bukti pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) Terima kasih semua

Angga Annisa mengatakan...

Hai semuanya, Nama saya Angga Annisa dan saya berbicara sebagai orang yang paling bahagia di seluruh dunia hari ini sebelum sekarang saya secara finansial dipukul tanpa harapan akan bantuan apa pun, tetapi ceritanya akan segera berubah ketika saya bertemu dengan Ibu. Saya sangat senang untuk mengatakan keluarga saya kembali untuk selamanya karena saya membutuhkan pinjaman sebesar Rp.700juta untuk memulai hidup saya di sekitar karena profesi saya karena saya seorang ibu tunggal dengan 3 anak dan seluruh dunia tampak seperti itu tergantung pada saya sampai Tuhan mengirim saya kepada sebuah perusahaan yang mengubah hidup saya dan keluarga saya, perusahaan yang takut akan Tuhan, ISKANDAR LENDERS, mereka adalah Juruselamat Tuhan yang dikirim untuk menyelamatkan keluarga saya dan pada awalnya saya pikir itu tidak akan mungkin sampai saya mendapat pinjaman sebesar Rp.700 juta dan saya akan menyarankan siapa pun yang benar-benar membutuhkan pinjaman untuk menghubungi Bunda Iskandar melalui email. [iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com] karena ini adalah pemberi pinjaman yang paling memahami dan baik

Contact Details:

e_mail Address:iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com>>>>
WhatsApp::: 6282274045059
Company::Iskandar Lenders"""""
Loan Amount:::Rp.700juta
Name:::::Angga Annisa
Country::::Indonesia
Occupation:Trader
Year:April,2020

Jumlah minimum>>>>>>Rp.100 juta
Jumlah maksimum>>>>>Rp.100 miliar

Murniati Sip mengatakan...

Perkenalkan saya Murniati Sip dari Indonesia dan kini menetap di Penang Malaysia. Saya hanya ingin berkongsi pengalaman dengan semua orang yang menghadapi masalah, sebelum saya ingin memberitahu sedikit mengenai masalah saya, saya hanya penjual campuran dengan hutang di Maybank Account.

SYARIKAT PINJAMAN RIKA ANDERSON
E-mel Syarikat: rikaandersonloancompany@gmail.com
Whatsapp: +1 (323) 689-3663

Nama: Murniati Sip
Akaun Maybank: 514187335011
+60137729440
E-mel penguji: murniatisip54@gmail.com
Pemberian Pinjaman: RM220,000


Sebagai janda dua anak, pendapatan saya hanya dapat digunakan untuk makan, anak saya berhenti sekolah kerana tiada bayaran, saya tertekan dan terdesak untuk menjalani hidup saya tetapi setiap kali melihat anak saya, saya selalu bersemangat. Saya tidak lupa berdoa dan meminta pertolongan dari Allah.

Saya membuka internet dan secara tidak sengaja saya melihat keterangan Margaretha Asmaran Melalui whatsapp +6282340185186 dan e-mel margarethaasmaran@gmail.com mengenai pinjaman yang dia dapat dari ibu yang jujur ​​RIKA ANDERSON LOAN COMPANY tetapi pada mulanya saya sangat ragu-ragu sehingga saya menghubungi ibu lain yang juga mendapat pinjaman dari syarikat yang sama Amalia Anmangkurat melalui panggilan dan whatsap +6285964126496 dan e-mel amaliaanmangkurat@gmail.com

Saya akhirnya menghubungi RIKA ANDERSON LOAN COMPANY untuk mendapatkan pinjaman dan setelah kira-kira 12 jam pinjaman saya sebanyak RM20,000 dipindahkan ke dalam akaun bank saya. sekarang saya gembira kerana hutang di Bank telah dilunaskan dan saya mempunyai usaha yang besar dan anak saya juga bersekolah, alhamdulillah SYARIKAT PINJAMAN RIKA ANDERSON itu nyata.

KEMALA JAYACHANDRA mengatakan...

Assalamualaikum
Nama saya Kemala Jayachandra
Dari Jakarta selatan Indonesia
e-mail: kemalajayachandra438@gmail.com
Terima kasih kepada ALLAH untuk membuat kesedihan saya berakhir oleh RYAN CEANIC LOAN FIRM untuk beberapa waktu sekarang perdagangan saya telah mencapai dan saya telah mencari pinjaman besar untuk meningkatkan perdagangan saya kembali, saya telah ditipu berkali-kali RYAN CEANIC dan memberi saya pinjaman Rp 1 miliar (Rp1.000.000.000) karena 75% dari pinjaman online itu palsu, bagi mereka yang mencari pinjaman harus menghubungi RYAN CEANIC LOAN FIRM adalah 100% peminjam pinjaman online,
E-mail: ryanceanicloanfm@protonmail.ch
Whatsapps: +4915772501298

KEMALA JAYACHANDRA mengatakan...

Assalamualaikum
Nama saya Kemala Jayachandra
Dari Jakarta selatan Indonesia
e-mail: kemalajayachandra438@gmail.com
Saya berterima kasih kepada ALLAH untuk membuat kesedihan saya berakhir melalui RYAN CEANIC LOAN FIRM untuk beberapa waktu sekarang perdagangan saya telah turun dan saya telah mencari pinjaman besar untuk meningkatkan perdagangan saya kembali, saya telah ditipu berkali-kali semua janji saya pada pinjaman tetapi mereka selalu menipu dan berbohong kepada saya, jadi saya bertemu RYAN CEANIC dan memberi saya pinjaman Rp 1 miliar (Rp 1.000.000.000), saya hanya melakukan pembayaran untuk asuransi pinjaman dan biaya transfer sebelum pinjaman saya ditransfer ke rekening saya, mereka yang mencari pinjaman harus hati-hati karena 75% pinjaman online palsu, bagi mereka yang mencari pinjaman harus menghubungi RYAN CEANIC LOAN FIRM adalah 100% peminjam pinjaman online asli,
E-mail: ryanceanicloanfm@protonmail.ch
Whatsapps: +4915772501298

Angga Annisa mengatakan...

Hai semuanya, Nama saya Angga Annisa dan saya berbicara sebagai orang yang paling bahagia di seluruh dunia hari ini sebelum sekarang saya secara finansial dipukul tanpa harapan akan bantuan apa pun, tetapi ceritanya akan segera berubah ketika saya bertemu dengan Ibu. Saya sangat senang untuk mengatakan keluarga saya kembali untuk selamanya karena saya membutuhkan pinjaman sebesar Rp.700juta untuk memulai hidup saya di sekitar karena profesi saya karena saya seorang ibu tunggal dengan 3 anak dan seluruh dunia tampak seperti itu tergantung pada saya sampai Tuhan mengirim saya kepada sebuah perusahaan yang mengubah hidup saya dan keluarga saya, perusahaan yang takut akan Tuhan, ISKANDAR LENDERS, mereka adalah Juruselamat Tuhan yang dikirim untuk menyelamatkan keluarga saya dan pada awalnya saya pikir itu tidak akan mungkin sampai saya mendapat pinjaman sebesar Rp.700 juta dan saya akan menyarankan siapa pun yang benar-benar membutuhkan pinjaman untuk menghubungi Bunda Iskandar melalui email. [iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com] karena ini adalah pemberi pinjaman yang paling memahami dan baik

Contact Details:

e_mail Address:iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com>>>>
WhatsApp:::+6282274045059
Company::Iskandar Lenders"""""
Loan Amount:::Rp.700juta
Name:::::Angga Annisa
Country::::Indonesia
Occupation:Trader
Year:April,2020

Jumlah minimum>>>>>>Rp.100 juta
Jumlah maksimum>>>>>Rp.100 miliar

Unknown mengatakan...

Assalamualaikum, saya GOBERTO SURYAWAN sangat senang karena saya mendapat pinjaman kedua dari RYAN CEANIC LOAN FIRM dan kali ini saya mendapat pinjaman sebesar Rp. 330 juta setelah saya diminta melakukan pembayaran untuk biaya asuransi pinjaman dan biaya transfer, semua pujian jatuh kepada ALLAH, saya mendapat pinjaman sebesar Rp. 330 juta dari RYAN CEANIC LOAN FIRM semoga ALLAH memberkati mereka semua, saran saya kepada mereka yang mencari pinjaman di situs ini adalah mereka harus sangat berhati-hati karena ada banyak pemberi pinjaman pinjaman palsu, RYAN CEANIC LOAN FIRM adalah salah satu yang terbaik secara online pemberi pinjaman untuk pinjaman 100%, hubungi mereka di (ryanceanicloanfm@protonmail.ch) atau whatsapp +4915772501298. Email saya sendiri adalah (gobertosuryawan627@gmail.com)

aisha mengatakan...

Halo semua
Nama saya AISHA MEY (aishamey14@gmail.com) dari jakarta selatan indonesia saya ingin mengucapkan terima kasih kepada ALLAH yang telah mengakhiri penderitaan saya melalui Anthony Yuliana Lenders karena memberi saya jumlah pinjaman Rp 250 juta, bagi mereka yang mencari pinjaman harus sangat berhati-hati karena ada banyak pemberi pinjaman pinjaman palsu di mana-mana hanya beberapa yang nyata dan Anthony Yuliana Lenders adalah salah satu pemberi pinjaman pinjaman online terbaik, saya melakukan pembayaran untuk asuransi pinjaman saya dan biaya transfer sebelum jumlah pinjaman saya Rp 250 juta ditransfer ke akun saya, untuk mereka yang mencari pinjaman online asli dan sah harus menghubungi mereka
(anthony.yulianalenders@gmail.com)
whatsapp (+13234026088)

aisha mengatakan...

Halo semua
Nama saya AISHA MEY (aishamey14@gmail.com) dari jakarta selatan indonesia saya ingin mengucapkan terima kasih kepada ALLAH yang telah mengakhiri penderitaan saya melalui Anthony Yuliana Lenders karena memberi saya jumlah pinjaman Rp 250 juta, bagi mereka yang mencari pinjaman harus sangat berhati-hati karena ada banyak pemberi pinjaman pinjaman palsu di mana-mana hanya beberapa yang nyata dan Anthony Yuliana Lenders adalah salah satu pemberi pinjaman pinjaman online terbaik, saya melakukan pembayaran untuk asuransi pinjaman saya dan biaya transfer sebelum jumlah pinjaman saya Rp 250 juta ditransfer ke akun saya, untuk mereka yang mencari pinjaman online asli dan sah harus menghubungi mereka
(anthony.yulianalenders@gmail.com)
whatsapp (+13234026088)

JERRY mengatakan...

Assalamualaikum, saya JERRY ANDI sangat senang karena saya mendapat pinjaman kedua dari Anthony Yuliana Lenders dan kali ini saya mendapat pinjaman sejumlah Rp 330 juta setelah saya diminta melakukan pembayaran untuk biaya asuransi pinjaman dan biaya transfer, semua pujian ditujukan kepada ALLAH, saya mendapat pinjaman Rp 330 juta dari Anthony Yuliana Pemberi Pinjaman semoga ALLAH memberkati mereka semua, saran saya kepada mereka yang mencari pinjaman di situs ini bahwa mereka harus sangat berhati-hati karena ada banyak pemberi pinjaman pinjaman palsu , Anthony Yuliana Lenders adalah salah satu pemberi pinjaman pinjaman online terbaik untuk pinjaman 100%, hubungi
(anthony.yulianalender@gmail.com)
atau whatsapp +1 (323) 4026088
kirim email ke saya{jerryandi843@gmail.com}

Muhammad Abdul mengatakan...

Assalamualaikum
Nama saya muhammad abdul
Dari jakarta selatan indonesia
email muhammadabdul5151@gmail.com
nomor telepon +6285574670570
nomor whatsapp +6285574670570
Saya berterima kasih kepada ALLAH karena telah mengakhiri penderitaan saya melalui Anthony Yuliana Lenders, untuk beberapa waktu sekarang bisnis saya sedang turun dan saya telah mencari pinjaman besar untuk meningkatkan bisnis saya kembali ke kehidupan, saya telah ditipu berkali-kali semua berjanji pada saya pinjaman tetapi mereka selalu menipu dan berbohong kepada saya, sampai saya menemukan ibu yuliana dan memberi saya jumlah pinjaman Rp 1,3 miliar, saya hanya melakukan pembayaran untuk asuransi pinjaman saya dan biaya transfer sebelum pinjaman saya ditransfer ke akun saya, bagi mereka yang mencari pinjaman harus berhati-hatilah karena 75% pinjaman online palsu, bagi mereka yang mencari pinjaman harus menghubungi Anthony Yulinana Pemberi Pinjaman adalah 100% pemberi pinjaman pinjaman online yang sah,
anthony.yulianalenders@gmail.com
whatsapp +13234026088

Manis Ibu mengatakan...

BAGAIMANA SAYA MENDAPATKAN PINJAMAN SAYA
Saya Abdullah Nofia yang tinggal di Papua, saya di sini untuk memberi kesaksian seorang Lender Pinjaman yang baik yang menunjukkan cahaya kepada saya setelah ditipu 3 kali berbeda di Internet oleh beberapa pemberi pinjaman yang tidak lain adalah palsu,
Mereka semua berjanji untuk memberi saya pinjaman setelah membuat saya membayar banyak kepada mereka sebagai biaya yang tidak menghasilkan apa-apa dan sebesar tidak ada hasil positif. saya kehilangan uang hasil kerja keras saya dan itu sangat membuat frustrasi.

Suatu hari ketika menelusuri internet saya menemukan kesaksian seorang wanita yang juga ditipu dan akhirnya dikaitkan dengan perusahaan pinjaman yang sah, ONE BILLION RISING FUND  dan di mana dia akhirnya mendapatkan pinjamannya, saya memutuskan untuk menghubungi dia dan menjelaskan tekanan keuangan saya. kepadanya dan jika dia bisa membantu saya untuk berbicara dengan perusahaan,

 Saya kemudian menceritakan kepada mereka kisah saya tentang bagaimana saya ditipu oleh 3 pemberi pinjaman yang berbeda yang tidak melakukan apa pun selain merampok uang saya. Saya menjelaskan kepada perusahaan melalui surat dan semua yang mereka katakan kepada saya adalah untuk tidak menangis lagi karena saya akan mendapatkan pinjaman saya di perusahaan mereka dan saya juga telah membuat pilihan yang tepat dengan menghubungi mereka. Saya mengisi formulir permohonan pinjaman dan melanjutkan dengan semua yang diperlukan dari saya dan saya terkejut, saya diberi pinjaman sebesar Rp 200 juta oleh perusahaan besar ini, ONE BILLION RISING FUND, semua berkat JAMES (direktur transfer), seorang yang takut akan Tuhan. pria dan mentor dan di sini saya hari ini bahagia karena perusahaan ini telah memberi saya pinjaman jadi saya bersumpah pada diri sendiri bahwa saya akan terus bersaksi tentang pekerjaan baik mereka dalam hidup saya tentang bagaimana saya mendapatkan pinjaman saya.
 Jika Anda mencari cara mendapatkan pinjaman, silakan hubungi

NAMA ::ONE BILLION RISING FUNDGmail ::: onebillionrisingfund@gmail.com

                                          HUBUNGI SAYA

Namaku ::::::::: Abdullah Nofia
Gmail::::::::::::::abdullahnofia@gmail.com
Instagram::::::::Abdullah_Nofia
Facebook:::::::::Abdullah Nofia

Bijaksanalah saat Anda mencari pinjaman online

semoga harimu menyenangkan

MURNI SANTI mengatakan...

SAYA MENYAMBUT ANDA SEMUA DI PAGE INI
INI IALAH CERITA SAYA

Saya MURNI SANTI, seorang wanita, ibu, kakak dan rakan dari (Bekasi), Indonesia, saya seorang PENGURUS ESTATE SEBENAR dan saya mengalami banyak tekanan kewangan baru-baru ini, tidak ada yang mahu meminjam wang kepada kami untuk menyelesaikan projek komersial kami yang telah dibina dalam beberapa bulan sekarang. Saya telah ditipu oleh beberapa syarikat pinjaman palsu yang menuntut sejumlah besar wang daripada saya tanpa kami menerima pinjaman.

Saya kecewa, suami saya berusaha sebaik mungkin dan menolong, saya akan membunuh diri kerana kesakitan, terlalu berat untuk ditanggung dan saya kehilangan harapan, sehingga saya diperkenalkan kepada SEMUA PINJAMAN GRANT GLOBAL sebuah syarikat pinjaman yang ditaja oleh bank dunia itu sendiri.

Saya memutuskan untuk memohon pinjaman dan menghubungi syarikat itu, pegawai pinjaman mereka yang benar-benar memberi saya harapan dan memberitahu saya jangan bimbang syarikat itu akan meminjamkan wang kepada saya, walaupun jumlah yang saya perlukan sangat besar, dan semua yang saya dapat berikan kepada mereka keperluan yang merupakan beberapa maklumat peribadi, yang saya lakukan.

Saya melalui semua proses, mereka berjanji akan meminjamkan wang yang saya minta setelah mengesahkan saya layak untuk mendapat pinjaman, saya diminta untuk menunggu, yang paling mengejutkan adalah pinjaman yang dimasukkan ke dalam akaun saya dan saya mengesahkannya .. Kami syarikat kembali dari segi kewangan dan keluarga saya berjaya dengan baik ini menjadikan hidup saya lebih baik, saya bersyukur kepada Allah dan semua PINJAMAN PEMBERIAN GLOBAL
GMAIL ..... allglobalgrantloan@gmail.com

UNTUK MENGHUBUNGI SAYA
NAMA Syarikat: SEMUA PINJAMAN GRANT GLOBAL
EMAIL Syarikat: allglobalgrantloan@gmail.com.
Whatsapp Syarikat: +1(304)997-4034
Nama Saya: MURNI SANTI
E-mel Saya: murnisanti55@gmail.com

Pak. WIDODO mengatakan...

Halo semuanya! Bantu saya berterima kasih kepada Bunda Esther

Saya Widodo saya tinggal di Medan di Indonesia, saya telah mencari pinjaman selama beberapa tahun. Saya 6 kali menjadi korban penipuan dengan pemberi pinjaman palsu yang telah menghancurkan hidup saya, saya memang mencoba bunuh diri karena mereka. Karena saya punya hutang dan tagihan yang harus dibayar. Saya pikir ini sudah berakhir untuk saya, saya tidak lagi memiliki perasaan hidup. Saya hampir menyerah, tidak sampai saya mencari saran dari teman SISKA WIBOWO (siskawibowo71@gmail.com) yang kemudian mengarahkan saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal, Ny. ESTHER PATRICK yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 150 juta Rupiah dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan pada tingkat bunga lebih rendah dari 2%. (estherpatrick83@gmail.com)

Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah pinjaman yang saya terapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, karena saya berjanji akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres . silakan hubungi ibu sekarang estherpatrick83@gmail.com

Dan saya tahu sebagian besar dari Anda juga telah menjadi korban penipuan, Anda tidak perlu repot lagi karena saya harus menyampaikan kabar baik dan satu-satunya pemberi pinjaman yang dapat Anda percayai, Jadi saya tidak dapat menyimpan ini untuk diri saya sendiri sehingga saya harus mulai dengan membagikan kesaksian tentang mengubah hidup ini bahwa Anda dapat menghubungi saya melalui email (widodocepi@gmail.com) Ny. Esther Patrick Saya selamanya Bersyukur atas Segala yang telah Anda lakukan untuk saya.

Rinie Debris mengatakan...

Nama saya RINIE DEBRIS, saya ingin menggunakan media ini untuk menyarankan semua orang agar berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman internet karena begitu banyak peminjam Internet di sini semuanya penipu dan mereka hanya berbagi cerita untuk menipu Anda dari uang Anda, saya melamar pinjaman sebesar Rp200.000.000,00 dari seorang wanita di Malaysia dan saya kehilangan jumlah Rp10.000.000,00 tanpa mendapatkan pinjaman,

Pada tanggal 27 JUNI 2017, teman saya JULIA SIMON di tempat kerja saya memberi tahu saya bagaimana dia mengajukan pinjaman dari TRUST FUND LOAN FIRM dan dia akhirnya menerima pinjamannya.

Saya tidak pernah percaya dia sampai saya pergi dengannya ke bank untuk mengkonfirmasikannya dan saya kagum karena saya kehilangan banyak uang hanya untuk mendapatkan pinjaman untuk keluarga saya.

Semoga Tuhan memberkati Nyonya Yang Baik Nyonya MARIA GABRIELA atas apa yang dia lakukan kepada saya dan rumah tangga saya, saya memberi tahu teman saya untuk memperkenalkan saya kepada ibu yang baik. MARIA GABRIELA, TRUST FUND LOAN FIRM, dia dan saya mengajukan pinjaman sebesar Rp900.000.000,00.
Saya mematuhi persyaratan dan ketentuan pinjaman perusahaan dan permohonan pinjaman saya disetujui untuk saya tanpa tekanan dan kesulitan.

Akhirnya, saya menerima pinjaman di rekening bank saya dan saya menelepon teman saya JULIA SIMON bahwa saya telah menerima pinjaman dan saya juga telah memperkenalkan begitu banyak orang kepada ibu yang baik Nyonya MARIA GABRIELA,
Saya ingin Anda membaca kesaksian saya untuk menghubungi ibu yang baik jika Anda membutuhkan pinjaman sehingga Anda juga akan bersaksi tentang niat baik ibu yang baik itu.

Jadi saya menggunakan jalan ini untuk memberi tahu setiap orang Indonesia dan orang lain yang tepat untuk membaca kesaksian saya dan dia membutuhkan pinjaman untuk menghubungi Madam MARIA GABRIELA melalui EMAIL (mariagabrielam11g@gmail.com)

Anda masih dapat menghubungi saya jika Anda memerlukan informasi lebih lanjut melalui EMAIL: riniedebrisam11y@gmail.com Anda juga dapat menghubungi teman saya JULIA SIMON melalui EMAIL-nya: juliasimon460@gmail.com

sekali lagi terima kasih semua telah membaca kesaksian saya, dan semoga Tuhan terus memberkati kita semua dan memberi kita umur panjang dan kemakmuran

Muhammad Abdul mengatakan...

Assalamualaikum
Nama saya muhammad abdul
Dari jakarta selatan indonesia
email muhammadabdul5151@gmail.com
nomor telepon +6285574670570
nomor whatsapp +6285574670570
Saya berterima kasih kepada ALLAH karena telah mengakhiri penderitaan saya melalui Anthony Yuliana Lenders, untuk beberapa waktu sekarang bisnis saya sedang turun dan saya telah mencari pinjaman besar untuk meningkatkan bisnis saya kembali ke kehidupan, saya telah ditipu berkali-kali semua berjanji pada saya untuk meminjamkan uang tetapi mereka selalu menipu dan berbohong kepada saya, sampai saya menemukan ibu yuliana dan memberi saya jumlah pinjaman sebesar Rp 1,3 miliar, saya hanya melakukan pembayaran untuk asuransi pinjaman saya dan biaya transfer sebelum pinjaman saya ditransfer ke akun saya, bagi mereka yang mencari pinjaman harus berhati-hatilah karena 75% pinjaman online palsu, bagi mereka yang mencari pinjaman harus menghubungi Anthony Yulinana Lenders adalah 100% pemberi pinjaman online yang sah,
anthony.yulianalenders@gmail.com
whatsapp +13234026088