Events & Tournaments di Belanda

Belanda memiliki pendidikan sepakbola yang baik. Akademi Pembibitan Ajax, Feyenoord dan PSV melahirkan bakat-bakat yang mampu bersaing di liga-liga Inggris, Spanyol, Jerman dan Italia. 

Asosiasi sepakbola Belanda, KNVB berhasil menyelenggarakan kompetisi dari tingkat akar rumput sampai tingkat teratas, Eredivisie. Program pembibitan KNVB juga tertata dengan baik. Indonesia bisa belajar dari Belanda.



Pelaku dan penggiat sepakbola Indonesia bisa menimba ilmu yang ditawarkan Belanda ini. Baik secara organisasi maupun secara teknik dan skills. Pengurus sepakbola PSSI dari daerah maupun pusat bisa menyaksikan dapur KNVB di Zeist. Pengambil kebijakan di PSSI bisa melihat cara menjalankan program nasional mengembangkan sepakbola yang baik.

KNVB bukan saja mengakomodir sepakbola reguler, tapi juga kalangan marjinal. Sepakbola Tuna Netra, sepakbola kursi roda dll. Pelatih dari berbagai daerah di Indoneisa bisa melihat pendekatan yang dilakukan rekan seprofesi di Belanda. Kunjungan ke klub maupun akademi pelatihan bisa memberi dimensi baru pandangan mengenai pendidikan sepakbola.

Bakat-bakat Indonesia bisa mengikuti pelatihan yang ditawarkan klub-klub Belanda. Pelatihan bisa berupa camp selama beberapa hari maupun clinic atau masterclass selama sehari. Si bakat bukan saja mengasah skill sepak bola saja, tetapi lebih penting lagi menambah luas jaringan pertemanan dan juga wawasan melihat dunia luar.

Acara jaring bakat yang dilakukan di Belanda ini menawarkan celah dan peluang bagi para bakat di Indonesai. Mereka bisa berkompetisi dengan rekan seusia dari berbagai negara. Mereka bisa mengukur kemampuan berdasarkan standar penilaian di Eropa. Bakat yang di pandang sangat bagus di Indonesia, bisa mengikuti test-test penjaringan yang kerap dilakukan di Belanda. Jadwal penjaringan dilakukan saat liburan sekolah.

Celah untuk Bakat Indonesia
Jadwal dan cara pendaftarannya biasanya diumumkan lewat website berbahasa Belanda. Di sepakbolanda.com kita bisa menemukan jadwal dan penjelasannya dalam bahasa Indonesia. Sepakbolanda siap membantu mendaftarkan putra putri yang ingin melakukan tes.

Hasil penyidikan Sepakbolanda menyimpulkan bahwa test saringan bakat di Belanda, tidak melulu hanya untuk orang Belanda. Artinya bisa juga diikuti oleh bakat dari luar Belanda, termasuk Indonesia.

Klub Indonesia Mampu
Di Belanda dan negara lain Eropa juga menggelar berbagai turnamen junior berskala internasional. Turnamen ini bisa diikuti oleh tim-tim dari Indonesia. Sebagai contohnya.









--------------------------------------------
Daftar Sekolah SepakBola di Belanda
--------------------------------------------

Wiel Coerver Akademi

Untuk info lebih jauh mengenai pendaftaran dan sekolah sepakbola di Belanda, bisa disampaikan lewat email ke info[et]sepakbolanda.com
Update tentang kegiatan sepakbola di Belanda seperti Trial, Acara Menjaring Bakat, Mencari Klub, Mengikuti Camp Ajax, atau Wiel Coerver silakan ke situs TanjungPro.