FAQ

Di bawah ini pertanyaan dan penjelasan mengenai Sepakbolanda :

1. Apakah Sepakbolanda?
- Sepakbolanda, adalah website mengenai sepak bola Belanda, Eropa yang ada kaitannya dengan Indonesia. Kami menyajikan pelaku sepak bola keturunan Indonesia, Hindia Belanda, Maluku, Jawa Suriname di Eropa. Pelaku sepak bola adalah semua orang yang bersinggungan dengan sepak bola. Bisa pelatih, pengurus, pemain maupun organisasi sepak bola yang ada kaitan dengan Indonesia.

2. Siapa dibalik Sepakbolanda?
- Eka Tanjung merupakan pencetus website Sepakbolanda yang aktif sejak tahun 2006.

3. Apa alasan membuat website berbasis blog ini?
- Alasan Eka Tanjung membuat blog ini dengan tujuan memberikan informasi yang kurang atau tidak dicover oleh media di Indonesia. Maka tidak jarang, tulisan dan liputan sepakbolanda menjadi rujukan bagi media-media Indonesia.

4. Apa tujuan website Sepakbolanda?
- Website sepakbolanda bertujuan memberikan informasi tentang sepakbola Belanda, Eropa berkaitan dengan Indoneisa. Informasi ini ditujukan kepada publik luas berbahasa Indonesia. Eka Tanjung berharap informasi di website ini bisa memberi dorongan pada semua pihak di Indonesia untuk memajukan sepak bola.

5. Apa visi dan misi Eka Tanjung membuat website Sepakbolanda?
- Eka Tanjung menilai bahwa Indonesia, negaranya tidak boleh ketinggalan dari negara-negara sekeliling. Sekarang ini kebesaran sebuah bangsa diukur dari prestasi sepak bolanya. Berbeda dengan zaman dahulu bahwa kebanggaan suatu negara adalah angkatan bersenjatanya dan maskapai penerbangannya.

6. Apakah boleh menggunakan isi artikel Sepakbolanda ini untuk keperluan publikasi atau dishare?
- Tulisan di Sepakbolanda boleh digunakan secara cuma-cuma untuk keperluan publikasi, dengan syarat memberitahukan kepada redaktur melalui email: info[at]sepakbolanda.com Pada penerbitannya dimohon mencantumkan sumber: Sepakbolanda.

7. Apakah Eka Tanjung bisa membantu mencarikan tempat sekolah bola, pendidikan sepak bola, acara buru bakat, scoutingcamp, masterclass dan lainnya menyangkut belajar sepakbola di Belanda?
- Berbekal pengalaman di Belanda selama 27 tahun hidup di Belanda dan 15 tahun mendalami sepak bola di Belanda, Eka Tanjung bisa memberikan bimbingan dan saran bagi pemain sepak bola Indonesia yang ingin mengukur kemanpuannya di Belanda atau negara lain Eropa.

8. Apakah Eka Tanjung bisa mencarikan pemain sepak bola keturunan yang ingin bermain sepak bola di liga Indonesia?
- Selama ini Eka Tanjung menjalin hubungan baik dengan sekitar seratus pemain sepak bola keturunan Indonesia di Belanda. Sejauh ini sudah berhasil menyambungkan pemain-pemain menemukan klub atau kontak di klub Indonesia untuk komunikasi selanjutnya. Bukan saja pemain sepak bola keturunan yang ingin melihat peluang bermain di Indonesia. Pemain sepakbola Belanda pun banyak yang meminta saran tentang peluang di Indonesia.

9. Apakah Eka Tanjung juga mengenal pelatih dan pengurus sepak bola Belanda?
- Dengan mengantongi lisensi NSP, organisasi wartawan olah raga se Belanda, Eka Tanjung mengenal pelatih dan pengurus klub secara pribadi. Memiliki data base yang luas untuk akses ke klub dan pengurus maupun pelatih.

10. Apa yang harus dilakukan kalau masih ada pertanyaan lainnya seputar sepakbolanda dan Eka Tanjung?
- Silakan kirimkan email ke info[et]sepakbolanda.com kali akan secepatnya merespon.

Terima Kasih dan salam sepak bola!