Kamis, Agustus 16, 2018

Duel Pelatih Keturunan Indonesia di Medan Laga Eropa



Kamis malam 16 Agustus 2018 ini, berlangsung laga penentuan babak ketiga kualifikasi UEFA Europe League. Giovanni van Bronckhorst dan Ricardo Moniz, dua pelatih keturunan Indonesia akan berhadapan sebagai pembesut tim Feyenoord Rotterdam dan Trencin Slowakia. 


Eka Tanjung dari Sepakbolanda senang menyaksikan duel level Eropa ini. Inilah bukti bahwa keturunan Indonesia masih memiliki kiprah berarti di luar negeri. Indonesia masih eksis di Eropa.

Giovanni van Bronckhorst

Giovanni van Bronckhorst selaku coach tim tuan rumah, malam ini harus bekerja ekstra keras. Sebelumnya Eka Tanjung sempat menulis tentang Giovanni van Bronckhorst. [Gio Siap Besut Feyenoord]

Kali ini timnya berada dalam posisi ketinggalan agregat 0-4. Ketika main kandang menelan pil pahit. Secara mengejutkan dipukul telak pada laga pertama pekan lalu. Cuplikan pertandingan bisa disaksikan di video bawah ini:



Sebaliknya, Ricardo Moniz  keturunan Indonesia, Belanda dan Suriname ini merupakan pelatih berpengalaman. Ricardo yang kebetulan juga kelahiran Rotterdam, bisa lebih nyaman mempoles tim Trencin Slowakia, tampil lebih trengginas dan efektif.  Dengan keunggulan 4-0 di pertandingan pertama, maka hampir bisa dipastikan pelatih yang punya pengalaman segudang ini bisa membawa timnya lanjut ke kualifikasi putaran ke-4, EUFA Europa League. 
Jika kawan ingin mengetahui sosok Ricardo Moniz bisa membaca ulasan sepakbolanda: [Inilah Pelatih yang Cocok untuk Timnas Indonesia.]

Moniz = Wiel Coerver + Totaal Voetbal
Ricardo Moniz
Tugas Berat Gio
Berkat tuaian laga kandang yang berujung 4 gol tanpa balas, maka AS Trencin hampir bisa dipastikan akan melajut ke babak berikutnya. Sementara Giovanni van Bronckhort dengan Feyenoord didukung fans fanatik yang memenuhi stadion De Kuip Rotterdam itu akan berusaha keras mengejar ketinggalan 4 goal. Berbeda dengan laga tandang, kali ini di Rotterdam, Robin van Persie akan diturunkan.

Jembatan Erasmus, icon Rotterdam

Matan ujung tombak Arsenal ini diharapkan bisa meningkatkan daya gedor tim Kota Pelabuhan Belanda yang indah itu. 

[Van Persie Bukan Keturunan Indonesia]

Tampaknya Feyenoord malam ini akan berusaha keras mengejar ketinggalan, namun jika melihat materi pemain dan kebugaran mereka dan kualitas Mr. Moniz. Maka Eka Tanjung dari Sepakbolanda bisa menduga, Feyenoord akan tersingkir dengan hormat.



NB: Penulis adalah pengamat sepakbola keturunan Indonesia di Eropa. Dan sekaligus pemilik Biro Perjalanan Berbahasa Indonesia di Eropa. [Serbalanda Tour, Sahabat Wisata Eropa].

Bisa dikontak di:



Cube Houses Rotterdam.



Posting Komentar