Jumat, Juni 24, 2016

Fakta Mengejutkan Tentang Radja Nainggolan

Radja Nainggolan, pemain keturunan Indonesia yang bermain di Euro2016 memperkuat timnas Belgia menjadi sorotan berkat golnya yang meloloskan ke babak selanjutnya. Di balik sukses itu ada sisi lain dalam kehidupannya. Sepakbolanda menemukan beberapa fakta.



1. Kembar Lain Tanggal
Radja dan Riana adalah saudara kembar, tapi mereka lahir di tanggal yang berbeda. Riana lahir pada dini hari tanggl 3 Mei 1988, sementara itu Radja keluar beberapa menit kemudian setelah jam berubah tanggal lewat pukul 00:00 di hari berikutnya 4 Mei 1988.
"Radja dan Riana gembira akhirnya bertemu papa."
2. Hidup di Jalanan
Riana, saudara kembarnya dalam sebuah wawancara mengatakan setelah ditinggal ayahnya Marianus Nainggolan, kehidupan keluarganya sangat berat. Ibunya Lizy harus bekerja sangat keras untuk menghidupi anak-anaknya. Radja dan Riana terpaksa banyak hidup di jalanan.
"Kalau melihat kembali kehidupan kami yang selalu di jalanan, maka beruntung kami tidak terjerumus dalam kehidupan kriminal."
3. Hutang Menumpuk
Menurut berbagai sumber, Marianus Nainggolan, kembali ke Indonesia bukan tanpa meninggalkan masalah. Ketika si kembar masih berusia 5 tahun, ayahnya pergi dengan meninggalkan hutang bertumpuk. Istrinya terpaksa bekerja dobel untuk membayar hutang itu.



4. Suami Istri Penggemar Tattoo
Radja Nainggolan dikenal senang dengan memasang tattoo di badannya. Pernikahan dengan Claudia Lai karena keduanya sama-sama pencinta tattoo. Terakhir dia memasang Mawar besar di lehernya. Keputusan yang menimbulkan tanda tanya banyak kalangan. Akhirnya Radja yang juga senang Tweet itu memberikan jawaban.
"Pilihan tato mawar karena saya ingin tampil beda. Sebenarnya tidak ada alasan khusus." Di punggung Radja terpatri tattoo tanggal kelahiran dan kematian ibundanya, Lizy Bogaerts. 

5. Cinta Anjing
Selain mencintai tattoo, Radja juga memelihara anjing. Di rumahnya ada tiga anjing. Salah satunya bernama Rudi. Diambil dari nama Rudi Garcia, pelatih AS Roma yang dianggap berjasa mengorbitkan nama Radja Nainggolan.

6. Es Cream juga salah satu makanan kesenangannya. 'Isola del Gelato' adalah es salon langganan di Cagliari. Taste paling favorite: ­Gocciole Chocolate. Een coupe vanille-ijs met chocoladekoekjes.

7. Kakak Tiri
Selain Riana, kembarannya, Radja juga punya tiga saudara satu ibu beda ayah. Manuel Noboa usianya 14 tahun lebih tua dari Radja. Ayah manuel pria Ekuador yang juga tidak jelas rimbanya. Setelah ditinggal Marianus Nainggolan pulang kampung ke Indonesia, Manuel yang menjaga dan mengurusi Radja dan Riana.

8. Babysitter
Pekerjaan sambilan pertama Radja ketika masih remaja adalah menjaga anak. Sayangnya pada anak kecil terasa sampai sekarang. Ia sangat mencintai putrinya Aysha. Dan jika ada waktu luang di sela sepakbola, ia bermain-main bersama anak-anak panti asuhan.

9. Keras Kepala
Salah satu rahasia sukses Radja adalah sifat keras kepala dan pantang menyerah. Bahkan pelatih pertamanya di Linker Oever Antwerpen Belgia menyebutkan bahwa Radja mujur karena bertemu pelatih yang memahami latarbelakangnya dan bisa memaafkan sifat bengalnya. "Banyak pelatih salah mengerti. Mengusir dan tidak terima kalau menghadapi pemain yang bengal. Padahal karakter itu justru membuat pemain tangguh. Berapa banyak pemain seperti itu yang terusir dari team?"

10. Bathin Mati
Walaupun sejatinya si kembar Radja dan Riana sukses dengan sepakbola. Memiliki banyak fans di seluruh dunia, namun secara bathin tampaknya mereka tidak bahagia. Dalam sebuah wawancara belum lama ini Riana mengungkapkan bahwa "Radja dan saya sebenarnya secara bathin sudah mati rasa. Tapi kami masih bernafas, itu saja." Sebuah ungkapan yang mencengangkan.

Kurang nya kasih sayang dan perhatian dari orang tua, bisa menimbulkan luka yang dalam. Dugaan itu makin kuat ketika Sepakbolanda menyaksikan rekaman wawancara Radja dengan Hitam-Putih.
Kesediahan masih tetap mendalam jika Radja diajak berbicara tentang masa lalu dan orang tuanya.