Selasa, Mei 10, 2016

Keturunan Indonesia Latih Ajax Amsterdam

Pemain #keturunan Indonesia mendapat kehormatan untuk melatih salah satu tim Ajax Amsterdam. Jumlah pelatih berdarah Indonesia di Ajax nambah lagi. 


Setelah Simon Tahamata menjadi pelatih teknik pendidikan sepakbola di Akademi Ajax Amsterdam September 2014. Kini giliran pemain #keturunan lainnya yang mendapat kesempatan sharing ilmu dengan bakat-bakat di Akademi de Toekomst.



John Heitinga #keturunan Indonesia menandatangani kontrak di Ajax sebagai pelatih bek untuk U19 dan Jong Ajax. Februari lalu John Heitingan mengumumkan gantung sepatu setelah come back nya ternyata kurang beruntung di Ajax. Ia secara terbuka menyatakan keinginan lanjut menjadi pelatih di Ajax.




Keinginan itu tampaknya sekarang terrealisasi, John menandatangani kontrak jadi pelatih di Ajax sampai musim panas 2018. John merupakan salah satu dari ratusan praktisi sepakbola keturunan Indonesia di Belanda. Hampir di setiap klub sepakbola profesional maupun amatir selalu ada saja anggota yang punya kaitan darah dengan Indonesia.

Sebuah aset yang luar biasa untuk dimanfaatkan dengan baik. Belanda sudah mengangkut rempah dari Nusantara, sekarang giliran Indonesia yang mengangkut keturunan kembali untuk membenahi sepakbola. Agar kita tidak dilibas habis oleh Malaysia, Filipina dan Timor Leste.