Rabu, Mei 11, 2016

Keturunan Indonesia Juarai Liga Belanda

Ezra Walian, striker #keturunan Indonesia mengobati kepedihan yang dirasa tim utama Ajax yang 'kehilangan' gelar juara eredivisie direbut PSV, beberapa hari sebelumnya. Bersama timnya Ajax U19, Ezra mengalahkan rival PSV  U19, 1-0.


Gol semata wayang yang diciptakan Abdelhak Nouri (Apie) itu sekaligus merupakan penentu bagi team asuhan Gery Vink untuk menobatkan diri sebagai juara liga tertinggi Belanda, untuk  kelompok usia U19.


Kemenangan 1-0 itu bisa dikatakan mengejutkan. Berkat tendangan bebas oleh Abdelhak Nouri di menit 55. Sebab beberapa bulan sebelumnya 13 Februari 2016 lalu, team yang sama Ajax A1 menelan kekalahan telak 0-4 di kandang PSV A1.





Bedanya, kekalahan Februari itu Nouri gelandang serang keturunan Maroko, tidak diturunkan. Ia sudah sering dipakai di team lebih tinggi Jong Ajax U21, karena permaiannya sudah sejak awal menonjol.



Kebersamaan Nouri dengan Ezra Walian sudah terjalin sejak awal kedatangan Ezra dari AZ. Nouri dan Ezra merupakan pemain pilar pada formasi juara Lion Cup di Singapura Juni 2012.

Kemenangan Ezra dan kawan-kawan atas PSV dipandang sebagai pembalasan langsung atas 'melesetnya' gelar tim Utama Ajax yang terjadi pada Ahad silam.

Formasi asuhan Frank de Boer ditahan imbang 1-1 oleh de Graafschap, team papan bawah. Sedangkan PSV tetap menang 3-1 di PEC Zwolle. Sehingga PSV menobatkan diri sebagai juara liga Belanda, 2015-2016.

Ezra Walian merupakan salah satu pemain #keturunan Indonesia yang berprestasi di Belanda ini. Sepakbolanda menulis berbagai artikel dalam perjalanan karir Ezra tahun-tahun belakangan ini.

Links: