Sabtu, Maret 12, 2016

Berita Keturunan Indonesia di Belanda !

Berbagai berita tentang pemain keturunan Indonesia di Belanda. Ezra Walian, Thom Haye, Kevin Diks, Kenny Tete, John Heitinga dan Sergio van Dijk.


Ezra Walian
Pemain keturunan Indonesia, Ezra Walian semakin dekat dengan impiannya. Hari ini untuk pertama kali ia menjalani latihan bersama tim utama Ajax. Di dinding Facebooknya, Ezra menyebutkan bahwa ia merasakan satu langkah menuju impian. Pemain junior U19 Ajax itu seperti rekan-rekan lain, bermimpi bisa debut di tim utama Ajax dan bermain di Stadion ArenA. Semoga impiannya segera menjadi kenyataan. Dalam foto itu Ezra berjalan di belakang bek kiri ajax, Michels Diks.

Thom Haye dan Kevin Diks
Dua pemain keturunan Indonesia di Belanda terseleksi masuk seleksi timnas muda Jong Oranje. Mereka akan menjalani pemusatan latihan akhir Maret 2016 ini di Spanyol Kevin Diks dari Vitesse Arnhem dan Thom Haye dari AZ Alkmaar dipanggil oleh pelatih Fred Grim untuk mengikuti pemusatan latihan yang akan digelar di La Manga Spanyol lawan rekan seusia dari Norwegia 25 Maret 2016. Tiga hari kemudian 28 Maret, Kevin dan Thom #keturunan #Indonesia itu direncanakan bertanding lawan Serbia di San Pedro de Pinatar, kawasan pantai yang nyaman di Spanyol Selatan.


Kenny Tete kembali menjalani latihan dengan Ajax Amsterdam mulai Rabu silam. Selama beberapa bulan ini keturunan Indonesia Mozambique itu mengalami cedera enkel band robek pada 23 Januari 2016 lalu. Bek tangguh keturunan Indonesia berusia 20 tahun itu menjalani latihan ringan di kompleks pelatihan Ajax de Toekomst. Sebelum cedera Tete merupakan pilar penting di lini belakang kanan. coach Ajax Frank de Boer mengutamakan Tete ketimbang saingannya Ricardo van Rhijn.


Arjen Robben, memang bukan pemain keturunan Indonesia. Sepakbolanda membawa namanya dalam tulisan ini karena pemain top Belanda yang bermain di Bayern Munchen itu sekarang mulai memikirkan untuk masa pensiun. Ia 'terbangunkan' oleh keputusan John Heitinga. Keturunan Indonesia yang menggantungkan sepatunya diusia yang tergolong belum tua.


Dalam wawancara dengan media Jerman, Robben menyebutkan:"Saya memang masih menikmati sepakbola. Tapi ketika mendengar John Heitinga memutuskan gantung sepatu, saya jadi berfikir juga. Memang kalau sudah di atas 30 tahun kita jadi berfikir ke sana." Robben 23 Januari 1984 sama-sama bermain di timnas Belanda dengan Heitinga pada final Piala Dunia di 2010. Robben nyaris cetak goal dan Heitinga dikartumerah pada laga pamungkas yang dimenangi Spanyol itu.

Sergio van Dijk pemain naturalisasi Belanda Indonesia, kembali ke tanah kelahirannya di Belanda. Sepakbolanda menemukan Sergio berlatih bersama FC Emmen. Bomber yang pernah bermain di Persib itu kini mempertahankan kebugarannya di klub asalnya dulu. Klub profesional itu berlaga di liga dua Belanda, de Jupiler League. Kepada Eka Tanjung dari Sepakbolanda, Sergio membenarkan dirinya ikut latihan dengan FC Emmen. 

Kedepannya dia tetap berniat untuk bermain di klub lain. Masih belum jelas klub barunya. Sepanjang karirnya Sergio van Dijk pernah memperkuat: FC Groningen, Helmond Sport, Queensland Roar dan  Persib Bandung, Esfahan Iran dan Suphanburi di Thailand.
Posting Komentar