Rabu, Januari 13, 2016

Keluarga Ini Ternyata #Keturunan Indonesia.

Sepakbolanda terkejut oleh pengakuan pemain #keturunan Indonesia di Eropa. Dia dan dua saudaranya berminat main di Indonesia. Baik untuk kompetisi maupun untuk kesebelasan Nasional Indonesia.  Tidak mengira sama sekali..


Bermula dari email yang masuk ke Sepakbolanda dari Junito Drias, kawan yang aktif dengan website berbahasa Belanda tentang Indonesia. Indonesienu.nl  Wartawan video terbaik yang aku kenal ini, memberikan info kepada salah seorang pemain sepakbola yang bertanya soal peluang bermain sepakbola di Indonesia.

Ringkas cerita.. haha.. masih tetap panjang juga nih.
Sepakbolanda mendapat email:
"Kakak saya dan saya memiliki darah Indonesia. Sebelumnya saya bermain sepakbola profesional dan kakak saya sampai sekarang masih main level profesional. Saya membaca banyak pemain (sepakbola djen.) dari Belanda yang bermain untuk Indonesia. Apakah Anda tahu bagaimana kami bisa bergabung dan terhubung dengan asosiasi sepakbola Indonesia? (PSSI red.) Salam,  Che Jenner."
Eka Tanjung sambil garuk-garuk kepala yang rambutnya mulai beruban ini. Mengapa dia mengajukan pertanyaan tentang sepakbola Indonesia, pada Desember 2015? Apakah dia tidak tahu bahwa sepabola Indonesia termasuk PSSI sedang mati suri. Dibekukan oleh FIFA karena ada sengketa dengan pemerintah?

Apakah memang pertanyaan ini berasal dari ketidaktahuan atau mau ngeledek Indonesia? Sambil berfikir keras, mencari jawabannya akhirnya dipilih jalan lembut. Sepakbolanda pun memberi jawaban yang santun.

"Terima Kasih Che.
Kami senang membaca kamu tertarik dengan sepakbola Indonesia.
Saya lumayan terkejut gembira membaca bahwa kalian ternyata #keturunan Indonesia.
 
Sebagai orang yang berkecimpung di dunia sepakbola Belanda, saya sudah mendapat 200 nama #keturunan. Tapi tidak pernah terpikirkan Jenner memiliki darah Indonesia. Apakah boleh tahu silsilah keluarga yang berasal dari Indonesia?  
Sayang sekali saat ini kompetisi Indonesia tidak jalan. KNVB-nya Indonesia tidak beroperasi. FIFA menskor Indonesia sejak setengah tahun ini. Karena ada masalah dengan pemerintah. Sekedar info saja, Pieter Huistra, pelatih timnas Indonesia mengundurkan diri beberapa pekan ini.  
Tapi jangan kuatir, hubungan sepakbola Indonesia dan Belanda selalu baik. Walau diskor FIFA, tapi ditingkat akar rumput masih tetap ada sepakbola walaupun di level amatir.  Indonesia adalah negara besar yang sangat mencintai olah raga sepakbola. 
Kami berharap masa depan sepakbola Indonesia akan lebih baik. Kami juga bisa memanfaatkan kontribusi ilmu dari pemain dan pelatih berdarah Indonesia seperti kalian.

Salam, Eka Tanjung "
Yussa Nugraha dan Eka Tanjung

Yussa Nugraha
Bermula dari email di atas itulah akhirnya Sepakbolanda dari TanjungPro mendalami keluarga Jenner. Tiga bersaudara main sepakbola dan ayahnya punya sekolah sepakbola yang ternama. Ketika berbincang dengan Edi Nugraha, mendapat info bahwa putranya Yussa Nugraha pernah mempertajam skillnya di sekolah sepakbola Jenner's Soccer Academy ini.

Bersambung...
Posting Komentar