Rabu, Oktober 14, 2015

Indonesia Dukung Indonesia di EURO 2016

Pekan kedua Oktober 2015 ini terbetik kabar senang dan sedih #keturunan Indonesia di Eropa. Piala Eropa membawa duka bagi Jairo Riedewald dan Kenny Tete. Di saat yang sama Radja Nainggolan bersuka cita dengan timnas Belgia.


Tiga

Walaupun hajatan sepakbola EUFA, Piala Eropa 2016 di Prancis tidak berhubungan langsung dengan Indonesia tapi sejatinya ada tiga pemain keturunan yang berlomba bersama negaranya untuk lolos ke putaran akhir.


Belanda Kandas

Di timnas Belanda sampai pertandingan lawam Republik Ceko kemarin malam diperkuat Jairo Riedewald dan Kenny Tete. Dua keturunan Indonesia di Ajax Amsterdam itu lolos seleksi timnas Belanda di bawah pelatih Danny Blind tidak dapat menikmati lama-lama keistimewaan ini. Walaupun usia masih tergolong muda, Jairo kelahiran  9 september 1996 dan Kenny  9 oktober 1995 sudah dianggap layak main untuk timnas dewasa.


Bangga

Eka Tanjung dari Sepakbolanda bangga menyaksikan perkembangan dua bakat keturunan Indonesia yang bermain di Ajax Amsterdam itu. TanjungPro sudah kerap berkomunikasi dan menjumpai mereka di Kompleks pelatihan de Toekomst di Amsterdam.


Indonesia

Walaupun tidak memperkuat timnas Indonesia, namun Jairo Riedewald dan Kenny Tete menggangap diri mereka punya ikatan kuat dengan Indonesia. Itu terbukti ketika keduanya bersama team utama Ajax berkunjung ke Jakarta tahun 2014 lalu. Di Jakarta kedua sempat berjumpa dengan keluarga Indonesia.


Ajax Media

Eka Tanjung yang menjadi bagian dari Ajax Media, pada Mei 2014 itu beberapa kali mendapati Jairo dan Kenny mengungkapkan kecintaannya pada tanah leluhurnya Indonesia. Ibu kandung mereka memiliki darah Indonesia. Bahka Kenny, bisa berbicara lancar Bahasa Indonesia.


Radja

Dengan partisipasinya untuk timnas Belanda ini maka keduanya sudah tidak mungkin lagi bisa berseragam Timnas Indonesia Garuda. Sama halnya dengan Radja Nainggolan, pemain #keturunan Indonesia di timnas Belgia, negara Sebelah Selatan Belanda.

Sejak Radja memperkuat timnas Setan Merah Belgiam, maka peluang untuk memperkuat negara ayahnya terpupus sudah. Kita bangsa Indonesia perlu senang dengan prestasi timnas Belgia yang lolos langsung ke Piala Eropa 2016 di Paris.


Dibekukan FIFA

Apalagi setelah menyadari bahwa timnas Indonesia untuk sementara dibekukan oleh FIFA. Sejak beberapa bulan ini posisi Radja di tim asukan Marc Wilmots menguat. Publik dan pelatih menyadari kontribusi penting pemain keturunan Batak ini.


Indonesia Dukung Indonesia

Bila Anda mengikuti kejuaraan Piala Eropa 2016 nanti, sebenarnya tidak ada alasan yang kuat untuk mendukung negara lain selain Belgia. Karena tidak ada team lain yang memiliki ikatan darah dengan Indonesia. Sudah selayaknya orang Indonesia mendukung orang Indonesia, bukan?

Tidak zamannya lagi: Orang Indonesia Berantem dengan Orang Indonesia. Kita kan ingin juga ada darah Indonesia menjuarai Piala Eropa. Kita tidak perlu bergabung dengan Ghana untuk mendukung Jerman. Atau Aljazair untuk mendukung Prancis dll.