Rabu, Mei 27, 2015

Navarone Foor Naik Lagi ke Eredivisie

PIC: Facebook

Kompetisi 2015-2016, NEC Nijmegen kembali ke liga tertinggi Belanda, Eredivisie. Salah satu pemain #keturunan yang juga naik adalah Navarone Foor. Bakatnya sudah tampak sejak kecil.


Navarone Chesney Kai Foor kelahiran Opheusden, 04 Februari 1992, berlatarbelakang Maluku. Sejatinya nama kakeknya "For" tapi setibanya di Belanda, nama belakangnya ditulis menjadi "Foor." Navarone menandatangani kontrak profesional di NEC Nijmegen pada April 2011. Nama "Navarone"  berasal dari judul sebuat Film " The Guns of Navarone."
Gelandang serang ini sejatinya tidak ada yang meragukan kualitasnya. Ia memulai sepakbola di klub Sparta’57 di Opheusden propinsi Gelderland.  Tidak lama kemudian bakatnya ditengarai oleh akademi sepakbola N.E.C./ FC OssNavarone menjalani debut di Jong NEC pada Mei 2010.


Musim kompetisi 2011-2012 ia melangkah ke tim utama NEC dan melakukan debut pada 6 Agustus 2011 di laga tandang ke sc Heerenveen. Sejak itu ia menjadi pemain tetap di tim utama sebagai winger kanan. Ia tampil gemilang pada laga kandang lawan FC Twente yang berakhir dengan kemenangan (3-1). Navarone yang memiliki paspor Belanda, dipanggil memperkuat timnas Jong Oranje tahun 2012.

Musim 2013-14, ia ikut terdegradasi dari Eredivisie ke Jupiler League. Setahun kemudian 2014-2015,  NEC kembali ke liga tertinggi Belanda, de Eredivisie setelah menjuarai Eerste Divisie. Publik Nijmegen tahun ini menobatkan Navarone Foor sebagai pemain terbaik musim ini. Cuplikan gol Navarone (1:38) bisa disaksikan pada video di bawah ini ketika lawan Jong Ajax.

Baca tulisan lebih lengkap: Sepakbolabelanda