Sabtu, Maret 14, 2015

Pemain Asia Pertama di Ajax Amsterdam

Ajax Amsterdam mulai santer jadi berita, karena memiliki akademi pelatihan terbaik di tingkat dunia. Banyak pemain Asia yang sudah tembus Ajax, dari China dan Korea Selatan. Hanya kelahiran Indonesia yang belum ada.


Hyun Jun Suk, striker Korea Selatan adalah pemain Asia pertama yang berhasil mengantongi kontrak di Ajax Amsterdam ( 1 Januari 2010 - 30 Juni 2011.)  
Suk disamping Luiz Suarez di Ajax.

Setahun sebelumnya Suk diterima di Jong Ajax dan mencetak banyak gol. Di tim kedua Ajax, Suk berada dibawah tempaan Pieter Huistra, direktur Teknis PSSI sekarang ini. Martin Jol yang ketika itu adalah pelatih tim Utama Ajax memberi kesempatan striker berjuluk "Bruce Lee"  itu melakukan tiga kali laga. Salah satunya bersama Luiz Suarez, Siem de Jong, Aldeweireld, Eyong Enoh. 

Walaupun hanya bermain 3 kali untuk tim utama Ajax dan tanpa mencetak gol, namun dia bisa dikatakan sebagai salah satu bagian dari Ajax yang menjuarai Liga Utama Belanda, 2010-2011. 

Pada akhir kotrak, Ajax tidak memperpanjang kontrak Suk. Akhirnya berkat saran dari Pieter Huistra, Suk bisa bermain di FC Groningen. 



Suk memiliki kecintaan yang luar biasa kepada klub kebanggaan Amsterdam itu. Eka Tanjung terkejut juga menyaksikan foto, Suk awal tahun 2015 ketika menandatangani kontrak di Victoria FC di Portugal. Di lengannya tampak jelas logo Ajax dan simbol tiga silang "XXX" khas Amsterdam.


Bisa disimpulkan bahwa pemain kelahiran Asia pertama yang tembus Ajax, bukan dari Jepang, China, Indonesia atau Arab Saudi tetapi dari Korea Selatan. 


Posting Komentar