Minggu, Maret 15, 2015

Inilah Pemain Kedua Asia di Akademi Ajax

Ajax Amsterdam, salah satu klub terbesar Belanda menerapkan seleksi ketat dalam mencari pemain baru. Namun demikian sudah ada dua pemain kelahiran Asia yang tembus akademi de Toekomst.


Pemain pertama Asia adalah Hyun Jun Suk, striker Korea Selatan yang sempat mendapat kontrak di Ajax dari 1 Januari 2010 sampai 30 Juni 2011. Bakat Asia kedua yang pernah menjajal akademi de Toekomst di Duivendrecht Amsterdam adalah Chengkuai Wang.

Awal Oktober 2013, Ajax mengumumkan di websitenya, mencapai kesepakatan dengan Chengkuai Wang. Gelandang serang kelahiran Zhejiang, China pada 23 Februari 1995 itu menandatangani kontrak dua tahun di de Toekomst. (1 September 2013 - 1 September 2015.)

Wang dan TanjungPro
Dengan kontrak ini maka Chengkuai Wang bisa menamakan diri sebagai pebola pertama China yang bermain di Ajax. Dan sekaligus pemain kedua Asia yang mendapat kesempatan.

Belum sampai setahun berada di Amsterdam, Ajax sudah mengumumkan bahwa Wang pindah ke  SC Coimbrões, di liga tiga Portugis (Agustus 2014)

Di Tiongkok negaranya Wang mengenyam pendidikan di akademi Dalian Shide. Pada tahun 2009, Wang menjadi bagian dari timnas U14 China yang tampil di Piala Asia.

Pada bulan Agustus 2012, Wang juga menjalani trial di FC Barcelona. Pada tahun 2012 dan awal 2013 Wang menjalani uji coba bersama rekan senegaranya Wei Shihao di Ajax.

Wang menjalani laga perdana bersama Jong Ajax pada 11 November 2013 lawan De Graafschap. Di menit 63' ia menggantikan Branco van den Boomen. Pemain Tiongkok ini akhirnya sempat menjalani dua kali pertandingan untuk Jong Ajax.

Apakah akan ada pemain berikutnya dari Asia yang lolos seleksi Akademi Ajax? Dan kapan saatnya pemain Indonesia yang tembus de Toekomst?