Kamis, Januari 22, 2015

Keturunan Indonesia Ini Bikin Kejutan





Ard van Peppen #keturunan Indonesia bersama rekan-rekannya di Roda JC membuat kejutan dengan menyingkirkan tim papan atas PSV Eindhoven di laga Piala KNVB.

Pada pertandingan babak perempat final Piala KNVB, Selasa malam itu Roda JC bermain kandang di Stadion Parkstad Limburg di Kerkrade.

PSV Eindhoven datang ke kota dekat perbatasan Belgia itu dengan formasi lengkap. Tim yang saat ini menduduki urutan teratas liga Belanda, de Eredivisie itu sedianya berharap bisa kembali dari perjalanan sekitar 100 km dengan membawa kemenangan.





Fakta di lapangan ternyata malah berbeda. Eka Tanjung dari Sepakbolanda melihat Ard van Peppen dan kawan-kawan bermain sangat disiplin dan kompak. Roda menang 3-2 dalam pertandingan seru. Sampai babak perpanjangan waktu.


Van Peppen kepada media, usia pertandingan mengatakan bahwa timnya sebelumnya sudah siap mengantisipasi pergerakan lini depan PSV yang sangat gesit dan berbahaya. Namun fakta di lapangan, Philip Cocu menurunkan tim-B nya bertandang ke Roda.

Dengan anggapan bisa menang mudah, Cocu menurunkan lima pemain cadangan sejak awal: kiper Remco Pasveer, gelandang Marcel Ritzmaier, bek kanan Joshua Brenet, winger J├╝rgen Locadia dan Isimat. Mereka mendapat kesempatan meladeni Roda JC yang di atas kertas memang tidak difavoritkan.

Kubu PSV kecewa berat atas kekalahan ini. Pelatih Philip Cocu pun mengkritik keras skuadnya yang dinilai ke kanak-kanakan. Dengan mengistirahatkan Adam Maher, Santiago Arias, Karim Rekik, Luciano Narsingh, Jeroen Zoet membuat PSV kehilangan kekompakan. Sedangkan Van Peppen dan kawan-kawan justru bermain dengan disiplin di seluruh lini.

Piala KNVB itu sejatinya turnamen antar klub amatir dan profesional. PSV pemimpin klasemen di Eredivisie bertemu Roda JC (Divisi Kedua) sebenarnya pertandingan dengan beda kualitas tim.

Membayangkan seperti Persib Bandung bertemu dengan Persis Solo, yang tentu saja memfavioritkan formasi dari Bandung. Itulah sepakbola, apapun bisa terjadi. Dengan kemenangan ini maka Roda JC melaju ke babak semi-final.

Untuk kedua kalinya PSV terganjal Roda JC di Piala KNVB. Musim lalu formasi Eindhoven juga terjungkal oleh musuh yang sama di babak ketiga, di kandang sendiri Stadion Philips, 1-3.

Sepakbolanda senang dengan sukses Ard van Peppen. Sehingga masih ada pemain keturunan di sepakbola Belanda yang berlaga di Piala KNVB. Roda JC akan menjamu Excelsior di empat besar, pada 28 Januari 2015 ini.