Rabu, Desember 10, 2014

Kenny Tete Memastikan Diri #Keturunan Indonesia

Kenny Tete, bek berbakat Jong Ajax mengaku dirinya cinta Indonesia. Sering ke Indonesia karena nenek dan keluarganya masih tinggal di Bali.


"Halo apa kabar?" demikian Kenny Tete melontarkan salam dalam Bahasa Indonesia, ketika menemui Eka Tanjung dari Sepakbolanda di lokasi Mixed Zone kompleks akademi sepak bola Ajax de Toekomst. Pertemuan singkat usai pertandingan Jong Ajax vs RKC Waalwijk itu sudah dicanangkan sebelumnya. 


Kenny Tete bersama Eka Tanjung dari Sepakbolanda


Sepakbolanda ingin memastikan status #keturunan bek tengah Jong Ajax ini. Sebelumnya informasi datang dari Roberto Mangunsong ketika berjumpa dengan Kenny di acara jamuan makan di Kedutaan Belanda di Jakarta. Kenny ke Jakarta bersama tim utama Ajax dalam rangka laga persahabatan lawan Persija dan Persib Bandung.

Kepastian #keturunan
Pada Senin 8 Desember 2014 lalu, Eka Tanjung dari Sepakbolanda mendapat kepastian dari Kenny sendiri. Bahwa dirinya memang #keturunan Indonesia. Dia bahkan sudah sering ke Indonesia. Baginya Indonesia adalah negara yang selalu dia rindukan. Kenny pada kesempatan malam itu mengulang kembali ungkapan yang disampaikan pada Roberto: "Ibu saya orang Indonesia. Bisa bicara bahasa Indonesia dengan lancar."


Selain itu ditambahkan pula. "Kami sekeluarga sering ke Indonesia. Dua tahun lalu kami menghadiri pernikahan saudara di Indonesia. Nenek saya bulak balik Belanda Indonesia." Dia membandingkan dengan kawan baiknya, Jairo Riedewald yang sebelumnya sudah terindikasi sebagai #keturunan. Sepakbolanda menangkap kesan bahwa Kenny ingin menegaskan dirinya sangat Indonesia. 

"Kalau Jairo kan hanya seperempat Indonesia. Kalau saya separoh Indonesia," ungkap bek sentral kelahiran 9 Oktober 1995 itu. Sepakbolanda gembira mendapat kepastian langsung dari pemain bersangkutan. Dengan data solide ini maka namanya bisa dimasukkan ke dalam urutan pemain #keturunan. 

Kenny Tete bisa dikelompokan sebagai #keturunan yang berbakat. Memiliki potensi untuk berkembang menjadi pemain yang bagus. Pengamat Ajax menyebutkan bahwa Tete berkembang menjadi defender yang lengkap.
"Kenny Tete berhasil mengembangkan diri sebagai bek yang kuat dan lengkap." 
Penilaian itu bisa jadi benar. VI, tabloid ternama Belanda memberitakan bahwa Kenny Tete dan Ajax sedang berunding mengenai perpanjangan kontrak di Amsterdam. 

Kepada Sepakbolanda, Kenny menyebutkan bahwa dirinya mendapat banyak ilmu dari coach Jong Ajax, Jaap Stam mantan bek tangguh di Man United, Lazio, AC Milan, PSV dan Ajax dan Timnas Belanda. 


Jaap Stam selalu aktif memberi pengarahan Jong Ajax ©Sepakbolanda

Walaupun belum pernah bermain di tim inti tapi Tete diduga tidak akan lama lagi merasakan debut bersama tim utama Ajax. 

© NOTE: Mohon menghargai karya tulis . Jika Anda mencantumkan sebagian atau seluruh tulisan ini ke koran, website atau dinding Anda, mohon mencantumkan sumber www.sepakbolanda.com Terima Kasih.