Sabtu, Desember 20, 2014

Joey Suk dan Riedewald Kalah Telak

Dua pemain #keturunan Indonesia mengalami kekalahan telak. Joey Suk dan Jairo Riedewald pun tersingkir dari Piala KNVB atau Copa Belanda.


Joey Suk mendapat kepercayaan pelatih NAC Breda untuk merumput sepanjang pertaningan lawan Excelsior. Kehadiran gelandang box-to-box itu tidak bisa meredam laju serangan tim tuan rumah dari Rotterdam. Lawatan NAC ke Rotterdam merupakan pengalaman menyakitkan. Joey Suk dan kawan-kawan dicukur 6-0. 

Usia pertandingan Suk pun menyatakan "Ini keterlaluan. Saya sangat malu." Kekalahan dengan angka di luar dugaan ini juga menyulut amarah suporter dari Belanda Selatan ini. Para pendukunga mengutarakan kekecewaan lewat Twitter:"Memalukan. Jarang kami melihat seperti ini." 

Riedewald
Sementara itu kejutan lain terjadi di Ajax Amsterdam. Dalam babak pedelapan final Piala KNVB, Jairo Riedewald menjamu Vitesse Arnhem. Jairo diturunkan sejak awal sampai akhir pertandingan. Penampilan Ajax sangat lemah malam itu. Vitesse sukses 4 kali membobol gawang Ajax, dengan serangan balik. Tanpa sengaja dibantu oleh bek Ajax yang berulang kali melakukan kesalahan.


Frank de Boer, pelatih Ajax kepada media mengungkapkan kekecewaannya. "Semua pemain Ajax bermain kurang baik. Ini sebuah offday."  Selain mengkritik seluruh skuadnya, De Boer juga mencoba melindungi penjaga gawannya. Diederik Boer untuk pertama kali 'boleh' mengawal gawang formasi Amsterdam. Namun justru saat itu dia harus memungut bola dari jaring gawang.

Eka Tanjung dari Sepakbolanda melihat pertandingan sepak bola bisa menyimpang dari dugaan. Ajax yang secara statistik lebih kuat dari Vitesse, ternyata kalah di kandang. NAC Breda yang memiliki pengalaman di Eredivisie harus takluk dari Excelsior yang musim lalu masih tampil di Liga Eerste Divisie. Di dunia sepak bola segalanya bisa terjadi.