Jumat, Oktober 10, 2014

Oranje: Belanda Wajib Menang !

Jelang pertandingan lawan Kazachstan dalam Kualifikasi Euro 2016, tekanan terhadap Belanda semakin besar. Tapi dengan Robben, segalannya bisa teratasi.


Setelah kalah 1-2 dari Ceko di laga pertama Grup A, maka publik Belanda menuntut pelurusan. Tim dukungan mereka harus menang pada laga kedua ini. Pasca kekalahan mengejutkan, Guus Hiddink sebagai juru racik timnas Belanda, mendapat banyak kecaman dari berbagai sudut.

Media mulai meragukan keampuhan mantan pelatih Korea Selatan, Rusia, Australia dan Turki itu. Dan publik Belanda pun mempertanyakan bahwa beberapa negara dan tim yang terakhir kali ditanganinya tidak meraih sukses yang diharapkan. Belanda sebenarnya sudah mengharapkan pelatih muda, sebagai pengganti Louis van Gaal.

Namun demikian posisi Guus Hiddink tidak pernah diragukan sebagai pelatih timnas Belanda. Apalagi pada penobatan Hiddink, KNVB sebagai PSSInya Belanda mengumumkan bahwa Guus akan mempersiapkan penerusnya dari kalangan muda Danny Blind. 

Kazachstan memang bukan sekaliber Ceko ataupun Iceland dan Turki, tapi tim Asia Tengah itu tidak boleh diremehkan. Mereka sudah mulai memiliki kompetisi yang mapan di dalam negeri. Dan tim ini datang ke Belanda tanpa beban. 

Sementara itu Belanda yang bermain kandang di Amsterdam ArenA, harus menang untuk membuktikan bahwa mereka berhak lolos ke putaran akhir Euro 2016. Beruntung bagi Belanda karena kali ini Arjen Robben, penyerang Bayern Munchen ini bisa bermain lawan Kazachstan.

Dengan dribbling dan tendangan kaki kiri yang ampuh, bisa membuat pertahanan bus di depan gawang Kazachstan porak poranda.  Eka Tanjung dari Sepakbolanda akan melaporkan jalannya pertandingan lewat twitter: @sepakbolanda dan @ekatanjung