Rabu, September 17, 2014

Sandy Walsh #keturunan Indonesia, Saingan Arthur Irawan

Sandy Walsh #keturunan Indonesia di timnas Belanda, U20. Eka Tanjung dari Sepakbolanda menemui usai laga Oranje lawan Ceko.


Nama Sandy Walsh (Brussel, 14 Maret 1995) muncul pertama kali ketika Sepakbolanda sedang mendalami para pesepakbola keturunan Indonesia yang aktif di Belgia, akhir Agustus 2014. Setelah Arthur Irawan menandatangani kontrak di Waasland-Beveren, Belgia menjadi menarik bagi pencinta sepak bola Indonesia. 




Radja Nainggolan adalah nama yang bukan asing lagi bagi publik Indonesia. Gelandang AS Roma berkepala Model Mohawk itu adalah keturunan Indonesia-Belgia. Setiap pemberitaan tentang dirinya di timnas Setan Merah Belgia maupun di AS Roma, nama Indonesia sering terbawa. 

Sekarang ini nama Arthur Irawan dan Sandy Walsh yang menarik dipantau di liga tertinggi Belgia, Pro League.  Sebelumnya Eka Tanjung dari Sepakbolanda sudah menurunkan tulisan tentang Arthur Irawan di Waasland-Beveren. [Ini Alasan Klub Belgia Ambil Arthur Irawan.]


Thom Haye dan Sandy Walsh

Keturunan Indonesia
Sekarang ini giliran menampilkan Sandy Walsh yang memiliki garis #keturunan dari ibu. Kakek dan neneknya berasal dari Indonesia. "Orang tua ibu saya berasal dari daerah sekitar Jakarta. Saya tidak tahu persis nama daerahnya. Seingat saya di sebelah selatan Jakarta," demikian penuturan Sandy kepada Eka Tanjung dari Sepakbolanda usai pertandingan Oranje U20 lawan Ceko U20 di 's Gravenzande.


Ketika dijumpai ibunda Sandy, Brigitta tidak ikut nonton karena sedang ada keperluan Venice di Italia.

Jawaban itu menguatkan minat mengikuti lebih jauh perkembangan pemain yang berposisi bek kanan ini. Ayahnya bernama Gary Walsh, pria Inggris dan ibunya Brigitta Portier, wanita Belanda keturunan Indonesia. Dia memiliki adik perempuan bernama Natasja Walsh. Keduanya lahir di Belgia.

Kendati Sandy dan Natasja lahir dan tinggal di Belgia, namun mereka merasa lebih dekat dengan Belanda. Sandy mengakui sebagai fans timnas Belanda. Di rumah keluarga Walsh di Leuven menggunakan tiga bahasa pengantar. Inggris, Belanda dan Prancis. 

Sandy menganut slogan."Keluarga sangat penting. Mereka selalu hadir ketika kita membutuhkan dukungan. Mereka selalu datang ke setiap pertandingan saya." 
Gary, Sandy dan Natasja Walsh


Sayang sekali ikatan dengan Indonesia tidak terlalu kuat. Sebab ditanya soal pengalaman di Indonesia, Gary Walsh mengatakan bahwa sejauh ini keluarganya belum pernah datang ke Indonesia. 


"Kami belum sempat ke Indonesia. Baru sebatas rencana saja karena kami ingin menunggu sampai anak-anak besar."  

Semoga perbincangan dengan Sepakbolanda menghidupkan nostalgi keluarga Walsh dengan Indonesia. "Kami dalam waktu dekat akan liburan ke Indonesia," demikian Gary. Semoga saja jawaban itu bukan sekedar basa basi belaka. 

Kita tunggu saja perkembangan pemain #keturunan Indonesia ini yang masih belum bermain rutin di timnas utama KRC Genk. Kalau Arthur Irawan dan Sandy Walsh bermain di tim utama klub mereka, cukup alasan bagi sepakbolanda untuk sering nyebrang perbatasan ke Belgia.