Sabtu, September 27, 2014

#Keturunan dan Almere City Bikin Kejutan

Selasa 23 September lalu Almere City FC secara mengejutkan mampu menyingkirkan ADO Den Haag pada putaran kedua Piala KNVB. Pada adu pinalty Jason Oost dan Gaston Salasiwa ungguli Xander Houtkoop.

Eka Tanjung dari Sepakbolanda menyaksikan langsung pertandingan di Almere itu. Tiga pemain #keturunan ini tampil malam itu. Jason Oost dan Gaston Salasiwa memperkuat tim tuan rumah Almere City FC. Sementara tim tamu diperkuat pemain #keturunan Xander Houtkoop. 


Xander Houtkoop
Sejak awal pertandingan berjalan imbang. Baik Almere maupun ADO sama-sama menahan diri di babak pertama. Sebelum akhirnya ADO unggul terlebih dahulu di akhir babak pertama. Namun Almere tidak tinggal diam dia awal babak kedua. Mereka bahkan menyamakan kedudukan dan unggul terlebih dahulu 2-1. Sebelum akhirnya ADO menyamakan kedudukan 2-2 lewat tendangan pinalty.

Baik ADO maupun Almere mengakhiri pertandingan dengan 10 pemain, karena satu pemain mereka diganjar kartu merah langsung. Karena Piala KNVB menganut sistem knock-out maka harus menghasilkan pemenang. Laga ini terpaksi diakhiri dengan adu pinalty.

Adu Pinalty
Jason Oost dan Gaston Salasiwa

Sangat dramatis bagi kedua kubu. Sebab ADO Den Haag tidak satupun mencetak gol pada adu pinalty itu. Keempat algojonya gagal menyarangkan bola dan 11 meter. Sedangkan Almere, dua pemain gagal menembus jala, dan dua berhasil. Salah satunya adalah Jason Oost. Dia menjadi algojo penentu, sekaligus kemenangan bagi Almere City FC yang akan berhadapan dengan PSV Eindhoven pada putaran 3 Piala KNVB.

Gaston Salasiwa
Catatan Eka Tanjung dari Sepakbolanda malam itu adalah penampilan baik Gaston Salasiwa. Sangat mengejutkan. Karena pemain #keturunan yang baru bergabung dengan Almere itu bermain sangat bagus. Malam itu dia termasuk pemain terbaik dari pihak Almere.
 Beberapa pekan sebelumnya pada laga kompetisi, publik Almere juga sudah menobatkan pemain jebolan akademi AZ Alkmaar itu sebagai Man of the Match.

Menyisir dan menguasai pinggir kiri lapangan. Dipasang sebagai bek kiri, namun sangat sering membantu serangan. Satu gol Almere berkat umpat trobosan dari gelandang yang pernah bermain di Bintang Medan IPL itu.


Xander Houtkoop
Sementara itu Xander Houtkoop dari ADO Den Haag yang sebelumnya diunggulkan sebagai pemenang, tidak bisa memberikan kontribusi yang berarti bagi timnya. Xander baru diturunkan di menit 64' babak kedua.