Kamis, September 04, 2014

Indonesia Makin Dikenal di Belgia

Transfer Arthur Irawan ke klub liga tertinggi Belgia, Waasland-Beveren pekan lalu, membuat nama Indonesia makin dikenal di Belgia. Media Belgia tertarik pada Negeri Khatulistiwa yang gila sepak bola.

Sebelumnya publik sepak bola Belgia hanya mengenal pemain #keturunan Indonesia lewat Radja Nainggolan. Pemain kelahiran Antwerpen ini sukses di Cagliari dan AS Roma. Anak Marinus Nainggolan ini tidak pernah merahasiakan berlatarbelakang Indonesia. Dari namanya saja, sudah ketahuan bukan 100% Belgia.

Sebelumnya Belgia juga sudah mengenal pemain berlatarbelakang Maluku, Simon Tahamata. Sepakbolanda mendefinisikan sebagai #keturunan juga. Belakangan Belgia makin menyadari bahwa Indonesia juga melahirkan pemain sepak bola. 

Joey Suk pernah bermain di Beerschot AC liga tertinggi Belgia dan kemudian terdegradasi. Dan Michel van Veen pernah memperkuat tim junior di KRC Genk. Hari ini Eka Tanjung dari sepakbolanda juga tersambung dengan Sandy Walsh, pemain muda #keturunan yang bermain di tim utama KRC Genk.

Sandy memiliki ibu yang berlatarbelakang Belanda-Indonesia dan ayah warga Inggris. Malam ini Sandy memperkuat timnas Belanda U20 bersama dua pemain lain keturunan. Thom Haye dari AZ Alkmaar dan Rai Vloet dari PSV Eindhoven. 




Dari semua pemain yang aktif di Belgia, hanya Arthur Irawan yang kelahiran Indonesia. Dan bagi media Belgia sesuatu yang eksotik. Dari jauh dan lain dari biasanya. Indonesia di mata publik Belgia bukan negara sepak bola. 

Tapi dalam wawancara dengan media Belgia, Arthur menekankan bahwa Indonesia memiliki fans sepak bola yang massal. Bagi publik Belgia ini hal yang baru. Tanpa mereka sadari sebenarnya beberapa tahun lalu di Vise juga banyak terdapat pemain Indonesia. Mungkin karena di liga kedua, maka kurang mendapat perhatian.