Jumat, September 05, 2014

Dia Ternyata Bukan Keturunan Indonesia

Tadi malam menyaksikan pertandingan persahabatan Nederland vs Ceko U20 do 's Gravenzande. Tujuannya ingin menemui tiga pemain timnas Oranje yang diduga adalah #keturunan Indonesia. Rai Vloet, Sandy Walsh dan Thom Haye. 


Thom Haye sudah lama Eka Tanjung dari Sepakbolanda kenal, lewat Ezra dan Glenn Walian. Thom sudah mengaku langsung bahwa dia punya akar di Indonesia. Sandy Walsh masih belum dengar langsung. Hanya baca kabar saja di media Belgia. Dan tadi malam itu Sandy juga mengiyakan dirinya adalah keturunan Indonesia dari garis ibu. 



Untuk Rai Vloet, aku mendapat jawaban negatif. Usai pertandingan yang dimenangkan oleh timnas Ceko 1-0, saya mencari dan akhirnya berhasil mencegat Rai yang keluar dari stadion menuju bus yang sudah menanti di depan. 

"Hai Rai, boleh saya bertanya sesuatu. Saya wartawan dari Indonesia. Sebenarnya kamu itu punya akar di Indonesia tidak?" Jawabannya tegas, "wah setahuku ..tidak ada."

"Yo wis, rapopo, sambil badan lemes." Rasanya seperti sudah berhari-hari nunggu pengumuman hasil ujian. Sudah tiga malam tidak bisa tidur. Akhirnya hasilnya diumumkan. "Inilah hasil ujian .. Eka, kamu yang pertama dikasih tahu. Hasilnya kamu tidak lulus. Tapi jangan berkecil hati karena semua orang tidak ada yang lulus."

Selama ini memang belum ada kepastian tentang latar belakang Rai Vloet dan ayahnya Wiljan Vloet. Rambut hitam, muka ada nuansa Timur. Kawan-kawan di sosial media menyampaikan dugaannya bahwa Rai bisa jadi keturunan Indonesia. Sepakbolanda menampung lebih dari empat dugaan ini.


Timnas Ceko U20
Eka Tanjung melihat cukup alasan untuk berangkat dan mencari tahu dari Rai Vloet sendiri. Bagi journalistik, ini merupakan sumber paling othentik. Kita harus terima fakta itu dan Sepakbolanda terus mencari dan menggali pemain #keturunan yang berakar di Nusantara.
Posting Komentar