Minggu, Agustus 31, 2014

Ini Alasan Klub Belgia, Ambil Arthur Irawan

Pic: www.sport.be

Dalam hitungan jam, klub Belgia Waasland-Beveren merekrut dua pemain muda. Arthur Irawan dari Indonesia dan bek tengah Portugal Hugo Sousa. Sepakbolanda melihat beberapa alasannya?

Pada 28 Agustus 2014, klub liga tertinggi Belgia, Waasland-Beveren berhasil mendapatkan tanda tangan dua pemain muda berbakat dari Indonesia, Arthur Irawan dan Hugo Sousa. 


Bek tengah Portugal ini membubuhkan tanda tangan beberapa jam setelah Arthur. Keduanya sama-sama pemain belakang. Sousa berusia 22 tahun dan berasal dari Sporting Lissabon Portugal.  Musim lalu Sousa bermain di tim B Sporting. Dan beberapa kali memperkuat timnas junior Portugal.


Pic: www.waasland-beveren.be

Kontrak pemain bernama lengkap Hugo Filipe Gonçalves Martins de Sousa itu lebih panjang dari Arthur Wirawan. Sousa dapat kontrak dua tahun dengan opsi perpanjangan satu tahun. Sedangkan Arthur, satu tahun dengan opsi satu tahun perpanjangan.  

Sepakbolanda melihat beberapa alasan Waasland-Beveren mengambil keputusan merekrut Arthur dan Sousa. 

1. Waasland memiliki presiden direktur yang baru, Jozef Van Remoortel sejak Aprik 2014. Dia melakukan reorganisasi. Direktur baru biasanya punya gagasan dan ide segar.

2. Van Remoortel yang juga sponsor utama klub Waasland itu punya struktur kebijakan baru. 
"Kita memiliki susunan baru organisasi dan kami ingin mendengar lebih banyak aspirasi fans. Kami berharap kebijakan ini bisa meningkatkan jumlah kunjungan stadion." 
Klub baru Arthur ini kepada media Belgia mengatakan, ingin jumlah penonton rata-rata 7000 per pertandingan.

3. Klub ini ingin sehat secara finansial. "Dengan CEO baru, Dirk Poppe, diharapkan kita bisa menjadi klub yang memiliki neraca keuangan sehat dan bermain di sub-topper."  Keputusan mengambil Arthur yang free agent atau bebas kontrak di klub lamanya, merupakan contoh mencari pemain 'muda yang murah.' Tapi punya rekam jejak bagus.

4. Sepakbolanda juga membaca bahwa klub Belgia ini ingin meningkatkan kualitas pendidikan usia dini. Akademi pembibitan akan dikelola secara profesional. 

5. Sejak 28 Mei 2014 susunan pelatih dan staf baru: 
Pelatih kepala: Ronny Van Geneugden
Asisten: Wim De Corte
Asisten: Alex Czerniatynski
Pelatih kiper: Erik Amelinckx 
Pelatih Jong Waasland-Beveren: Tim Bavré 
Direktur teknis: Danny De Maesschalck
Dengan lima alasan itu maka, Sepakbolanda memahami alasan klub Belgia ini melakukan perubahan kebijakan baru. Direktur baru, kebijakan baru, memiliki visi masa depan. 

Sebelumnya Waasland-Beveren juga merekrut striker Kroasia,  Ante Vukusic. Pemain berusia 23 tahun yang pernah memperkuat timnas Kroasia ini berstatus pinjaman dari Serie-B Italia, Pescara. 
Dan kedatangan Arthur Irawan menjadi bisa difahami, karena dia pemain yang masih relatif muda. Mendapat pendidikan di klub besar Akademi Man United, Malaga dan juga pernah masuk seleksi timnas Indonesia.