Sabtu, Juli 19, 2014

KNVB Berkabung atas Kecelakaan MH17

Dalam rangka berkabung mengenang korban kecelakaan MH17, asosiasi sepak bola Belanda KNVB mengimbau semua klub di Belanda memasang bendera setengah tiang. 


Sepakbolanda kagum dengan keputusan asosiasi sepak bola Belanda ini. Pengurus sepak bola berbasis di kota Zeist itu meminta semua klub di Belanda agar mengibarkan bendera setengah tiang, pada akhir pekan ini. 

Klub sepak bola di bawah kepengurusan KNVB sebanyak 3300 menerima imbauan ini sehubungan dengan musibah penembakan pesawat Malaysia Airline MH17 di Ukraine, 17 Juli 2014 lalu. Pada musibah itu menewaskan 193 orang warga Belanda dan 12 warga Indonesia.

Imbauan itu menyangkut tiga ekspresi:
1. Pengibaran bendera setengah tiang. Ook worden verenigingen gevraagd om rouwbanden te dragen en een minuut stilte te houden.
2. Mengenakan band hitam saat pertandingan akhir pekan ini.
3. Mengheningkan cipta semenit jelang pertandingan.

Eredivisie
KNVB menyampaikan imbauannya pada situs KNVB
Kendati saat ini kompetisi di Belanda belum dimulai dan belum banyak pertandingan digelar pada akhir pekan ini. Namun demikian banyak pertandingan persahabatan mempersiapkan kompetisi. Berbagai klub liga Eredivisie menyatakan siap memenuhi imbauan.

Ajax, FC Twente, FC Dordrecht dan NEC Nijmegen sudah menyatakan akan memasang bendera setengah tiang dan mengheningkan cipta semenit jelang pertandingan. 

Sekeluarga ke Indonesia
Sejatinya di antara korban tewas penembakan pesawat HM17 ini terdapat satu keluarga dari klub sepak bola Olympia'25 di  Hilversum. Keluarga Allen ini kehilangan lima orang anggota keluarga. Ayah-ibu yang aktif di klub dan tiga putra mereka Chris, Julian dan Ian. Keluarga ini sejatinya berencana menikmati liburan di Indonesia. Seperti dikutip dari harian Gooi en Eemlander. 
Posting Komentar