Kamis, Juni 12, 2014

Sirajuddin Wakil Indonesia di Piala Dunia Brasil

PIC: News Corp Australia

Sepakbolanda mendapat masukan dari banyak rekan di media sosial tentang satu-satunya pemain #keturunan Indonesia yang tampil di Piala Dunia Brasil 2014: Sirajuddin.

Lolos
Sepakbolanda gembira karena gelandang kelahiran Sydney Australia 25 September 1992 ini menjadi bagian timnas Australia di ajang paling bergengsi sepak bola dunia, Piala Dunia Brasil. Pemain lini tengah Swindon Town, Divisi 3 Inggris itu terpilih sebagai satu dari 23 skuad Australia besutan pelatih Ange Postecoglou.

Dompu NTB
Di Brasil, timnas Australia berjuluk The Socceroos itu mendiami grup B bersama Chile, Belanda dan Spanyol. Pemain keturunan Dompu Nusa Tenggara Barat itu sudah melakukan penampilan perdana bersama Australia pada 5 Maret 2014 lawan Ekuador. Sebelumnya Sirajuddin baru dua kali memperkuat timnas Australia U20.

Tiga Pilihan
Sebelum resmi menjadi bagian dari Australia, Sirajuddin sebenarnya punya tiga pilihan. Australia sebagai negara kelahirannya. Italia sebagai negara kelahiran ayahnya. Dan Indonesia sebagai negara kelahiran ibunya. Pemuda bertinggi badan 176 cm itu akhirnya memilih negeri kelahirannya. Australia. Dan itu adalah pilihan yang tepat.

Sepakbolanda menilai pilihan Australia yang terbaik. Karena setiap pemain sepakbola mendambakan podium tertinggi, yaitu putaran Final Piala Dunia. Hanya dengan Australia yang paling mungkin. Seperti sekarang ini terjadi. 

Baru Mimpi
Dia bisa saja memilih Italia yang sudah menjadi langganan kirim skuad ke putaran akhir Piala Dunia. Tapi dengan kualitasnya yang pas-pasan, sangat berat bersaing dengan Andrea Pirlo dan lainnya. Indonesia juga bukan pilihan yang baik. Sebab negeri tetangga utara Australia ini baru bisa bermimpi main di putaran akhir Piala Dunia. Entah kalau dengan Presiden Indonesia yang baru hasil pilpres 2014 ini antara Jokowi dan Prabowo.

Sirajuddin bukan nama sebenarnya, Sepakbolanda hanya mengacu pada nama Kakeknya dari Dompu dan Bima di Nusa Tenggara Barat. Nama aslinya Massimo Corey Luongo. Nama belakang Italia, ayahnya bernama Mario Luongo. Tapi sepakbolanda lebih senang memanggilnya Sirajuddin. Terdengar lebih Indonesia dan seluruh dunia bisa tahu. Sirajuddin dari Dompu.

Satu-Satunya
Nama Sirajuddin muncul dalam wawancara dengan media Australia. Disebutkan bahwa almarhum kakeknya bernama Sirajuddin, Sultan Dompu. Nama yang sebenarnya lebih pantas disandang oleh pemain blasteran Itali-Indonesia ini. Harapan satu-satunya Indonesia di Brasil 2014.

Balik ke Dinding
Sepakbolanda sempat patah semangat ketika tidak menemukan pemain #keturunan Indonesia di timnas Belanda dan Belgia. Keturunan John Hetinga (Fulham / Hertha BSC) tidak lolos seleksi Oranje asuhan Louis van Gaal. Dan Radja Nainggolan (AS Roma) tidak masuk skuad Marc Wilmots (Belgia).

Dalam kepedihan hati, Sepakbolanda hampir saja berencana membalikkan layar televisi ke arah dinding selama Piala Dunia berlangsung. "Tanpa setetes darah Indonesia, Piala Dunia hambar tak berarti."       

Semangat
Dengan kemunculan Sirajuddin ini maka nama Indonesia terselamatkan. Sepakbolanda kembali semangat dan Piala Dunia menjadi sangat menarik lagi. Nonton Sirajuddin orang Indonesia, tampil untuk Australia lawan Iniesta dan Robben. Dan tentu saja mendukung Australia, walaupun tinggal di Belanda. Semoga Sirajuddin yang mengenakan jersey nomor 21 itu akan sering dipasang, mempermalukan Chile, Belanda dan memporak-porandakan pertahanan Spanyol.

Definisi #keturunan dan daftar pemain
Posting Komentar