Sabtu, Juni 21, 2014

Belanda Tempat Menimba Ilmu Sepak bola

Selama Piala Dunia Brasil, Belanda menjadi bahan perbincangan dunia. Timnas Belanda satu negara pertama yang lolos babak grup. Akademi Feyenoord sebagai pemasok terbanyak pemain di Piala Dunia kali ini. FC Groningen pencetak Arjen Robben.



Luis Suarez (Uruguay) dan Bryan Ruiz (Costa Rika) mengenyam proses pematangan di Liga Belanda. Suarez di FC Groningen dan Ajax. Brian Ruiz di FC Twente dan PSV Eindhoven. Keduanya bertanggungjawab atas pemulangan dini timnas Inggris dan mempersulit posisi Italia. 

Luis Suarez pertama kali merasakan rumput Liga Belanda bersama FC Groningen. Setahun bermain di Belanda Utara sebelum ia hijrah ke Ajax. Fans Groningen di forum internet mengenang kembali saat-saat Suarez masih culun dan kedinginan di Belanda. 

Groningan bukan saja berperan dalam membesarkan Suarez, tetapi juga ikut berkontribusi besar melejitkan Arjen Robben. Dua tahun ia bermain di Groningen (2000-2002), sebelum pindah ke PSV, Chelsea, Real Madrid dan Bayern Munchen. 

Feyenoord juga menjadi pusat perhatian publik sepak bola dunia berkat survei International Centre for Sport Studies (CIES) di Swiss. Disebutkan bahwa Akademi dari Rotterdam itu menjadi tempat pembibitan sepakbola yang memasok terbanyak pemain di Piala Dunia 2014. 

Sembilan pemain jebolan Akademi de Varkenoord berlaga di Brasil dari 12 Juni - 13 Juli 2014 ini. Feyenoord mengungguli Akademi FC Barcelona dan Deportivo Saprissa yang juga diwakili sembilan pemain. 
  1. Stefan de Vrij, 
  2. Bruno Martins Indi, 
  3. Terence Kongolo, 
  4. Jordy Clasie,
  5. Robin van Persie, 
  6. Jonathan de Guzman, 
  7. Leroy Fer
  8. Georginio Wijnaldum
  9. Salomon Kalou (Pantai Gading)
Menurut survei ini, urutan klub pemasok pemain muda di Piala Dunia Brasil.