Senin, Mei 19, 2014

Wuih! Keturunan Indonesia Cetak Gol Ciamik

Veendorp berdiri paling Kanan. Verdonk jongkok kedua dari Kiri. 

Satu lagi pemain sepak bola yang diduga keras #keturunan Indonesia muncul. Calvin Verdonk, menarik perhatian dunia setelah mencetak gol fantastis lawan Inggris pada Piala Eropa U17 di Malta.

Calvin Verdonk bek tengah kelahiran 26 April 1997 memperkuat timnas Belanda, pada turnamen Piala Eropa, U17 di Malta. Timnas Belanda, Ahad kemarin memastikan diri lolos babak Final setelah mengalahkan Skotlandia dengan 5-0.

Update: Keturunan Kandas di Laga Final

Calvin Verdonk pemain keturunan dari Akademi Sepakbola Feyenoord menyumbang salah satu gol kemenangan Belanda di laga final. Pada laga semi final Calvin juga sudah mempertontonkan kualitasnya dengan membuka gol pertama bagi Belanda mengatasi Inggris. Seperti bisa kita saksikan gol ciamik lewat tendangan jarak jauh di bawah ini:



Gol tendangan jarak jauh adalah senjata khas Calvin. Sebelum ini kaki-kirinya yang ampuh pernah juga memperdayai kiper AZ U17 dari tendangan bebas.



Maarten Stekelenburg pelatih timnas Belanda U17 usai laga lawan Inggris di semi final menebar pujian pada pemain keturunan Indonesia ini. 

Sepakbolanda, belum mendapatkan kepastian langsung bahwa Calvin Verdonk adalah keturunan Indonesia. Sejauh ini bukti-bukti baru berasal dari lingkaran kedua. Laman situs Komunitas Indo, keturunan Indonesia : www.indisch4ever.nl menyebutkan: 
"B1-talent Calvin Verdonk, van Indische komaf, gaat profcontract ondertekenen."
"Calvin Verdonk, Bakat U17 keturunan Indonesia, menandatangani kontrak."

Berita itu sekaligus menyangkut penandatanganan Calvin di Feyenoord. Feyenoord menilai bakat ini berkembang sangat pesat. Dan dengan perkembangan pesat ini, klub bergengsi dari Rotterdam ini tidak ingin bakatnya disambar klub-klub besar lain. Sebelumnya sudah tersebar berita klub Inggris Liverpool dan PSV Eindhoven sedang memantau bek sentral #keturunan Indonesia ini. 

Feyenoord tidak ingin melakukan kesalahan seperti yang terjadi dengan Rodney Kongolo, bakat yang disambar Manchester City dari Akademi Varkenoord. 

Direktur teknis Feyenoord, Martin van Geel menyatakan lega setelah Calvin Verdonk membubuhkan tandatangannya.

Berikut ini daftar pemain timnas U17 Belanda yang sedang mempersiapkan partai final lawan Inggris, di  Euro2014 U17 di Malta. 

Hidde ter Avest (FC Twente Voetbalacademie), 
Donny van de Beek (Ajax), 
Steven Bergwijn (RJO PSV/EHV), 
Justin Bijlow (Feyenoord Academy), 
Guido Janssen (FC Utrecht), 
Rick van der Meer (Feyenoord Academy), 
Dani van der Moot (RJO PSV/EHV), 
Abdelhak Nouri (Ajax), 
Bilal Ould-Chikh (FC Twente Voetbalacademie), 
Segun Owobowale (ADO Den Haag), 
Yanick van Osch (RJO PSV/EHV),
 Kenneth Paal (RJO PSV/EHV), 
Mauro Savastano (Ajax), 
Jari Schuurman (Feyenoord Academy), 
Marlon Slabbekoorn (Feyenoord Academy), 
Keziah Veendorp (RVO/GC FC Groningen), 
Calvin Verdonk (Feyenoord Academy) dan 
Wellington Verloo (Vitesse).


Selain Calvin Verdonk, timnas U17 Belanda juga diperkuat oleh Keziah Veendorp, sebagai kapten. Dan Ezra Walian, yang berhalangan karena mengikuti ujian sekolah.

Sepakbolanda tentu akan mencari bukti otentik mengenai status #keturunan yang mengalir dalam darah Calvin Verdonk. Salah satu yang bisa dipakai sebagai buktinya adalah ungkapan langsung dari Calvin sendiri atau salah satu dari orang tuanya atau kakek neneknya. Tanpa itu, maka statusnya masih #keturunan samar.