Jumat, Mei 02, 2014

Satu Keturunan Indonesia Pasti Terdegradasi

Sabtu 3 Mei ini sedikitnya satu pemain #keturunan akan terdegradasi bersama timnya. Dennis Gentenaar di NEC Nijmegen atau Ard van Peppen Roda JC akan menerima pil pahit, terperosok ke divisi dua.


NEC Nijmegen saat ini menduduki posisi 17, satu tempat di atas Roda JC yang mendiami posisi bontot 18. Hari Minggu ini NEC bertandang ke Ajax Amsterdam. Sementara itu Roda JC bertandang ke Go Ahead Eagles (GAE) di Deventer.




Antara tim Dennis Gentenaar dengan Ard van Peppen terpaut tiga angka. Kemungkinan dan skenarionya menjadi menarik. Roda JC bisa lolos dari degradasi langsung, jika:

1. Roda JC menang dari Go Ahead Eagles. Dan NEC kalah dari Ajax. Pada situasi ini NEC yang langsung terdegradasi.
2. Selain situasi di atas, maka Roda JC (Ard van Peppen) yang langsung terpelanting ke divisi 2.

Sebenarnya Ajax maupun Go Ahead, tidak terlalu "membutuhkan" angka dari laga terakhir itu. Ajax sudah memastikan juara Belanda, sejak pekan lalu. Go Ahead tidak perlu menang, karena posisinya tidak terancam degradasi dan kemenangan juga tidak memberi hak untuk ikut play-offs Europa League.

Ajax Ingin Menang
Namun demikian NEC tampaknya akan menghadapi Ajax yang tidak mau kalah. Formasi Amsterdam ingin meluruskan anggapan publik, bahwa prestasi Ajax merosot. Sudah semustinya Ajax menutup kompetisi dengan kemenangan. Kekalahan di final Piala KNVB dari PEC Zwolle 5-1 menuntut pelurusan. Jadi Ajax akan maksimal menghadapi NEC.

Go Ahead Kejar PEC
Sama halnya dengan Roda JC yang kemungkinan bakal dapat perlawanan sengit Go Ahead Eagles yang diperkuat #keturunan Xander Houtkoop dan Jeffrey Rijsdijk. Go Ahead butuh tiga angka penuh untuk bisa melewati musuh bebuyutan PEC Zwolle yang saat ini satu angka di atasnya. PEC akan dijamu FC Twente.

Laga terakhir liga Belanda digelar serempat mulai jam yang sama. Tidak seperti biasanya yang dilakukan Sabtu dan Minggu.


Sepakbolanda tidak akan memilih yang boleh terdegradasi. Inginnya sih dua-duanya bertahan. Walaupun secara hitungan, sebaiknya NEC yang bertahan. Karena ada tiga pemain keturunan. Sementara Roda JC satu keturunan.