Sabtu, Mei 24, 2014

Rai Vloet Keturunan di PSV Eindhoven

Rai Vloet, striker dan gelandang serang dari PSV Eindhoven yang besar kemungkinan memiliki darah keturunan Indonesia. Sabtu ini Rai mencetak satu gol untuk kemenangan PSV 3-2 atas Gyeongnam FC dalam laga persahabatan di Korea Selatan.


PSV Eindhoven menjalani tour ke Korea Selatan, sekaligus 'mengantar pulang'  Park Ji-Sung yang mengakhiri karir sepakbolanya. Park menorehkan prestasi membanggakan100 caps timnas Korea Selatan. Tahun 2008 sebagai pemain pertama Asia yang meraih gelar juara Liga Champions bersama Manchester United. Park berhenti sepakbola karena keluhan lutut yang tak kunjung sembuh.

Sebelumnya Ajax Amsterdam menjalani tour ke Indonesia. Di tim ini terdapat dua pemain keturunan di tim utamanya Jairo Riedewald dan Kenny Tete, di PSV Eindhoven kemungkian ada pula Rai Vloet. 

Frank de Boer pelatih Ajax Amsterdam, dalam wawancara di Jakarta menyatakan akan menurunkan tim muda yang saat itu dibawa ke Indonesia. Termasuk Tete dan Riedewald.  Sementara itu Philip Cocu di PSV juga berencana memanggil Rai Vloet dari tim Jong PSV ke tim utama.

Penampilan tiga nama di Ajax dan PSV ini mengobati kesedihan sepakbolanda sebagai pengamat #keturunan di Belanda yang kehilangan lima nama dari Eredivisie.  Ard van Peppen di Roda JC. Dennis Gentenaar, Jeffrey Leiwakabessy, Jordy Tutuarima dan Navarone Foor di NEC Nijmegen.