Jumat, Mei 23, 2014

Pemain Keturunan Indonesia Dikontrak ADO Den Haag

Xander Houtkoop pemain sepak bola keturunan Indonesia, pindah dari Go Ahead Eagles ke ADO Den Haag. Winger kiri ini menandatangani kontrak 2 tahun di Den Haag.

"Djen,  saya sangat bangga sekali dengan Xander," demikian Peter Houtkoop mengenai putranya Xander Houtkoop yang baru saja menandatangani kontrak di ADO Den Haag. Peter menyampaikan rasa gembira tersebut lewat Facebook.

Winger kiri berusia 25 tahun itu berpindah ke Den Haag tanpa ikatan kontrak dengan klub lamanya. Ia sudah berstatus free agent. Januari lalu dia sudah menyampaikan kepada klubnya kala itu Go Ahead Eagles tidak akan memperpanjang kontrak main di Deventer. Dia menyatakan ingin mencari petualangan baru.
PIC: ADO Den Haag

Di Go Ahead, dia merupakan pemain yang sangat konstan. Kecuali laga terakhir, Xander bermain di semua pertandingan bersama GAE.

Pilihannya jatuh pada ADO Den Haag, yang dilatih Henk Henk Fraser.  Bakatnya sudah diketahui sejak kecil. Di tim U12 dia  sudah masuk akademi Heerenveen. Lalu disewakan ke FC Emmen.  Tahun 2010 ia pindah ke Heracles Almelo. Setahun kemudian 2011, ia hijrah ke Go Ahead Eagles.

Pada musim 2012/13 ia berperan besar dalam mempromosikan Go Ahead Eagles  dari Jupiler Leagur ke Eredivisie, ia menyumbang 14 gol. Selain itu Xander Houtkoop juga pernah dua kali memperkuat timnas Belanda U19.

Setelah ditinggal Houtkoop, maka di Go Ahead Eagles, saat ini tinggal satu lagi #keturunan. Jeffrey Rijsdijk.