Selasa, April 01, 2014

Tanpa #keturunan, Untuk Apa Dukung Belanda ?

Timnas Belanda selama ini jarang tanpa pemain #keturunan di skuadnya. Namun untuk Brasil 2014 ini saya tampaknya akan mendukung Belgia.

Salah satu alasan tidak mendukung Belanda,  karena tidak ada lagi pemain #keturunan. Empat tahun lalu, rasanya lebih senang dan jantung berdebar-debar ketika Oranje melaju sampai babak final Piala Dunia di Afsel 2014. Hati berbingar-bingar dan bangga, karena ada dua pemain #keturunan: John Hetinga dan Giovanni van Bronckhorst yang melapisi pertahanan timnas usuhan Bert van Marwijk dari gempuran lawan.

Alasan lain karena Belanda memang sedang tidak dalam performa terbaiknya. Pemain Oranje saat ini merupakan generasi tanggung. Kebanyakan mendekati usia 30 tahun dan menjelang pensiun. Sementara generasi penerusnya masih belum mampu mengambil alih tongkat estafet. Kevin Strootman yang diharapkan bisa menjadi pemimpin baru timnas Belanda, mengalami cedera serius. Masih tanda tanya apakah dia bisa pulih dan berstamina bagus, tanpa ritme pertandingan?

Harapan Sepakbolanda justru sekarang bersandar pada Radja Nainggolan. Peluangnya lebih besar ikut ke Brasil bersama tim Setan Merah Belgia daripada John Heitinga bersama Belanda. Mungkin dia akan menjadi satu-satunya #keturunan yang berlaga di Brasil. Tidak akan heran, kalau selama Piala Dunia nanti, Sepakbolanda lebih banyak bersorak untuk Belgia. Hambar, jika bersorak di depan TV untuk Oranje, sementara hati sadar betul bahwa itu tidak ada gunanya.