Senin, Maret 31, 2014

#keturunan Pekan Ini: Tristan Alif, Gentenaar, Joey Suk dan Radja Nainggolan

Pekan ini sangat banyak kejadian seputar sepak bola #keturunan yang bisa dishare di blog ini. Dari Joey Suk, Dennis Gentenaar, Tristan Alif Naufal sampai dengan Radja Nainggolan. 


Pekan lalu Joey Suk muncul di Twitter menyapa saya. Dia ingin tahu perkembangan Stefano Lilipaly yang menjalani trial di Consadole Sapporo. " Djen sudah lama gak, kontak. Gimana kabarnya?" 



Tulis gelandang NAC Breda #keturunan yang pernah digadang menjadi salah satu punggawa timnas Garuda. Walaupun rencana menjadi WNI belum berhasil, tetapi Joey tetap melihat kemungkinan berpetualang di Timur Jauh. Apalagi mengingat di NAC Breda, dia masih belum sepenuhnya mendapat kepercayaan dari pelatih untuk menjadi starter. 




Sementara itu kiper Dennis Gentenaar #keturunan di NEC Nijmegen, merasakan dua pekan terakhir ini sebagai ups-downs. Saya melihat dia begitu disanjung ketika bermain baik pada laga tandang ke SC Heerenveen. Mengejar ketinggalan 2-0 menjadi 2-2. Kiper Gentenaar melakukan aksi-aksi penyelamatan yang menakjubkan pada 23 Maret lalu. Bahkan namanya sempat masuk dalam team terbaik Eredivisie pekan lalu. 
Pic: Voetbal International


Dennis tidak bisa lama menikmati sanjungan ini. Sebab beberapa hari kemudian, pada laga Semi Final Piala KNVB dia lawan PEC Zwolle, Gentenaar melakukan blunder parah yang berdampak pada tersingkirnya NEC. Ia yang sepekan sebelumnya tampil gemilang, kini membuat kesalahan memperkirakan tendangan jarak jauh Maikel van der Werff. Pertandingan yang diharapkan akan menjadi pengobat bagi NEC yang sedang terpuruk, ternyata harus diterima sebagai pukulan berat. Terutama bagi pemain keturunan Bandung itu.




Sepakbolanda sudah sering mendapat pertanyaan di Facebook maupun di Twitter tentang Tristan Alif Naufal. Bulan Maret ini nama Alif sempat mencuat kembali ketika Sepakbolanda membaca statusnya mengumumkan rencana perjalanan ke Spanyol dan Belanda di bulan yang sama. 


PIC: Facebook Alif

Sepakbolanda mencoba menghubungi Alif dan Irma ibunya, namun tidak mendapat jawaban. Sumber lain tidak juga bisa memberikan kepastian mengenai keberangkatan "Messi nya Indonesia"  ke Spanyol. Sejauh ini Sepakbolanda belum berani berspekulasi tentang perjalanan Alif ke dua negara Eropa itu. Seaindanya bakat ini sudah berada di Spanyol atau Belanda, semoga dia berhasil meraih cita-citanya.

Satu lagi pemain #keturunan yang jadi perhatian Sepakbolanda pekan ini adalah Radja Nainggolan. Gelandang AS Roma itu semakin hari semakin menunjukkan kelas nya. Di klub terbesar di ibukota Italia itu, Radja sudah menjadi starter, dan menjadi pilar lini tengah. Apalagi sejak Kevin Strootman cedera berat. 

Prestasi bagusnya ini tidak sejalan dengan seleksi di Timnas Belgia. Pekan ini muncul wawancara dengan Yves Vanderhaeghe mantan pemain timnas Belgia era 1999-2005. Ia meragukan manfaat Radja Nainggolan untuk timnas Setan Merah. Dia tidak melihat Radja punya nilai tambah. 


Yves Vanderhaeghe lebih memilih Timmy Simons dan Steven Defour, dari pada Radja Nainggolan. Untung saja Yves bukan coach Marc Wilmots. Sepakbolanda berharap Radja  bisa memperkuat timnas Belgia di Brasil nanti. Karena Radja kemungkinan satu-satunya #keturunan yang tampil di Piala Dunia 2014 ini.

NB: Kalau copy paste mohon menyertakan sumber. Trims.