Senin, Maret 03, 2014

Gio van Bronckhorst, Diminta Perkuat Guus Hiddink di Oranje

Giovanni van Bronckhorst, diminta untuk menjadi asisten Guus Hiddink pelatih timnas Belanda pasca Piala Dunia Brasil 2014. Hiddink tidak berkeberatan kalaupun Gio merangkap asisten pelatih Feyenoord dan KNVB.


Tawaran ini tidak mengherankan karena Giovanni van Bronckhorst, #keturunan ini memiliki jam terbang yang panjang sebagai pemain tim nasional Belanda. Bek kiri ini menyandang 106 caps di Oranje, terakhir kali di Afrika Selatan. Selain itu Gio kelahiran 5 Februari 1975 itu pernah memperkuat berbagai klub besar Eropa. Feyenoord, Rangers, Arsenal dan Barcelona.


Guus Hiddink melihat asisten Ronald Koeman di Feyenoord itu bisa merangkap jabatan sebagai asistennya di timnas Oranje. Guus Hiddink menyampaikan dalam wawancara dengan media Belanda, NOS. 


Sejauh ini Sepakbolanda melihat bahwa KNVB yang kemudian akan menyampaikan tawaran itu langsung ke pihak Van Bronckhorst. Masih belum jelas apakah Gio akan menerima tawaran ini. Juli 2012 lalu dia pernah menolak tawaran serupa dari pelatih Louis van Gaal bergabung di staf Oranje.

Selain Giovanni, Guus Hiddink tampaknya akan menggunakan jasa para mantan pemian Belanda lainnya sebagai asisten teknisnya. Sepakbolanda menemukan nama-nama yang menjadi idaman Guus Hiddink menyiapkan Oranje menuju Euro 2016 di Prancis: Danny Blind, Ruud van Nistelrooy, Jaap Stam dan Gio van Bronckhorst.