Selasa, Februari 25, 2014

Keturunan Indonesia Ini Tembus Eredivisie



AZ ingin segera melupakan laga kekalahan telak 4-0 dari Ajax. Bagi Thom Haye pemain #keturunan Indonesia, 23 Februari ini justru meninggalkan kenangan indah. Ia debut di Eredivisie, liga tertinggi Belanda.


Thom Haye pemain keturunan Indonesia ini diturunkan menjalani penampilan perdana pada menit ke 70' laga Ajax menjamu AZ Alkmaar. Gelandang serang kelahiran 9 Februari 1995 itu menggantikan Celso Fabián Ortiz. Pada menit ke 70' itu AZ sudah ketinggalan 3-0. Thom tidak bisa mencegah gol Lerin Duarte di menit 74' melengkapi empat gol yang menyarang di gawang AZ.

Kendati tim asuhan Dick Advocaat kalah menyakitkan, namun bagi Thom Haye laga ini sedikin memberi kenangan indah. Setelah menempuh masa pendidikan panjang di akademi AZ Alkmaar, dan terseleksi timnas Belanda U17. Maka debut ini melengkapi jejang karirnya sebagai pemain sepak bola profesional. 

Di halaman Fecebooknya, Thom mengungkapkan rasa gembiranya dengan perkembangan ini. 
"Vandaag m'n officiële debuut gemaakt voor AZ in de Eredivisie tegen Ajax! Helaas niet met het gewenste resultaat, maar wel een persoonlijk hoogtepunt!."
"Hari ini debut resmi bersama AZ di laga Eredivisie lawan Ajax! Sayang tidak meraih hasil yang diharapkan, tapi secara pribadi ini sebuah kemajuan!."

Rasa gembira juga terungkap dari Robert Haye, ayah Thom. Di laman Facebook, Robert menampilkan foto putranya. Dengan komentar: Debuut, fantastis!

Sejatinya debut Thom Haye sudah bisa diprediksi. Sudah banyak kalangan yang sependapat tentang bakat dan kemampuan gelandang serang ini di atas rumput hijau. 

Satu lagi keturunan Indonesia yang masuk timnas Belanda

AZ dikenal sebagai salah satu klub yang memiliki akademi pendidikan yang berkualitas. Beberapa pemain keturunan pernah mengenyam pendidikan di sana.  Gaston Salasiwa, Oliver Rifai, Ezra Walian dan lain-lain. Mereka pun tampak memberi ucapan selamat kepada Thom. Sebuah bentu solidaritas antar keturunan Indonesia.