Selasa, Februari 04, 2014

Feyenoord Juga Minati Yussa Nugraha

Fenomena Yussa Nugraha masih belum berakhir sampai ADO Den Haag dan KNVB. Kejutan berikutnya dari Rottedam. Klub bergengsi, Feyenoord ingin melihat kemampuan bocah Nusukan itu.

"Oom Djen, mohon doa restunya. Rabu mau ikut tes di Feyenoord," tulis bocah kelahiran 21 Maret 2001 kepada Sepakbolanda. Berita menggembirakan itu disertai salinan suratnya. Seperti bisa dilihat di bawah ini. Undangan menyertakan logo Feyenoord di bawah surat.


Artinya: "Yussa yang baik, Saya ingin mengundang kamju untuk uji coba latihan di SC Feyenoord C. Hari Rabu 5 Februari pukul 18.45 sore."

Sepakbolanda terkejut membaca berita ini. Sebelumnya Edi Nugraha, ayah Yussa sudah mengatakan bahwa ada pendekatan dari Feyenoord. Yussa akan ikut latihan di Varkenoord. Itu lokasi akademi terbaik Belanda, empat tahun belakangan (2010, 2011, 2012 dan 2013). SC Feyenoord melayangkan surat elektronik langsung ke pemain klub VV Scheveningen di Den Haag itu.

Damian Mikoen Pic: Feyenoord.
Jawa Suriname
Dalam surat undangan itu ada sesuatu yang mencolok. Disebutkan Yussa akan ikut latihan dengan team C. Di Feyenoord Rotterdam terdapat dua team C1 (U14) dan C2 (U13). Kalau melihat nama si pengirim email undangan itu maka, Yussa akan dites bersama team U14 nya. Salah satu pemain di team bernama dan bertampang Jawa, Damian Mikoen, 28 Februari 1999.

Ditanya soal perasaannya, Edi Nugraha mengatakan "Campur oom Djen. Senang, Bangga dan setengahnya tidak percaya. Anak desa itu dapat perhartian klub besar."  Namun demikian Edi merasa putranya masih perlu banyak belajar. "Yussa masih banyak harus menyempurnakan kemampuannya."

Sepakbolanda menilai, undangan bagi Yussa ini istimewa. Akademi Feyenoord,  yang berbasis di trainingcomplex Varkenoord itu memiliki program pembibitan yang baik dan teruji. 

Undangan trial di Rotterdam ini menandakan Indonesia menyimpan bakat-bakat yang bisa bersaing dengan rekan mereka di Eropa. Yussa adalah contoh dari rekan sebayanya di Indonesia. Perbedaannya mungkin soal porsi pendidikan dan makanan saja. 

Ketika Yussa, menjalani seleksi di ADO Den Haag dan KNVB, Januari lalu Sepakbolanda tidak bisa hadir. Tapi untuk di Feyenoord, Rabu ini, harus hadir!