Jumat, Januari 17, 2014

Talentendag: Peluang Klub Menemukan Bakat

Di awal tahun klub-klub Belanda mulai cari bakat untuk tim junior. Mereka bekerjasama dengan klub lokal melakukan acara buru bakat, de talentendag. Peluang ini bisa dimanfaatkan oleh bakat luar Belanda, termasuk dari Indonesia.

Bagi bakat Indonesia yang kebetulan berada di Belanda atau berminat ikut seleksi, bisa ikut penjaringan.

Acara jaring bakat ini digelar dipekan liburan sekolah Belanda. Dari klub di Timur seperti FC Twente, Utara oleh FC Groningen dan SV Heerenveen, Selatan PSV. Dan tentu saja Den Haag, Feyenoord, Ajax dan juga FC Utrecht. Klub besar biasanya mengirim scouts pemburu bakat ke acara yang digelar klub partner.

Saringan tahap pertama yang berlangsung seharian penuh itu biasanya diikuti sekitar 500an bakat dari usia 5 sampai 11 tahun. Saringan berupa tanding 4 lawan 4 di lapangan kecil itu merupakan standar awal untuk bisa menilai kemampuan si bakat.  

Syarat mengikuti saringan tidak terlalu ketat. Bakat tanpa klub pun bisa berpartisipasi. Untuk kelompok usia anak-anak, scouts masih menekankan bakat alam, bukan skills. Peserta tidak perlu harus memiliki paspor Belanda. Jadi orang asing, termasuk dari Indonesia bisa. Yussa Nugraha, WNI asal Nusukan Solo buktinya.

Gadis Juga
Penjaringan bakat juga diperuntukkan bagi para gadis berbakat sepak bola. 
Dan biasanya tidak dipungut beaya atau hanya ditarik ongkos administrasi yang tidak terlalu besar.

Berikut ini jadwal acara jaring bakat di Belanda: 

Sepakbolanda yakin klub-klub besar akan bisa menemukan bakat-bakat masa depan seperti Kevin Strootman di Sparta. Sepakbolanda tidak cemas akan ada pemain #keturunan yang lolos. 

Harapannya ada bakat kelahiran Indonesia seperti Yussa Nugraha atau Tristan Alif Naufal bisa tembus klub besar Belanda. Itu merupakan tantangan bangsa Indonesia membuat momentum penting yang menjadi bagian kebangkitan sepak bola nasional. Amin.


Dahulu kebesaran bangsa ditentukan oleh tentaranya, lalu maskapai penerbangannya. Sekarang kebesaran bangsa diukur dari prestasi sepak bolanya. djenol