Senin, Januari 06, 2014

"Pahlawan Ajax, Keturunan Indonesia"

Ajax memuncaki ranking Eredivisie, liga tertinggi Belanda sampai putaran kedua musim 2013-2014 dimulai. Formasi Amsterdam melonjak berkat dua gol di menit-menit terakhir Jairo Riedewald #keturunan.

Sepakbolanda mendapat berita segar dari Glenn Walian, ayah Ezra striker Ajax A2. "Ibu si Jairo, keturunan Indonesia. Dia sahabat adik saya di Hoofddorp. Ayahnya berasal dari Suriname," demikian kata Glenn kepada Sepakbolanda. Indikasi ini menghidupkan niat   sepakbolanda akan mewawancara sang ibu mengenai akar Indonesia.

Jairo Riedewald kelahiran  (Hoofddorp, 9-9-1996) pada pertandingan lawan Roda JC 22 Desember 2013 diturunkan pada menit 80 menggantikan Christian Poulsen. Waktu tinggal 10 menit lagi dan Ajax masih ketinggalan 1-0 di kandang Roda. Pelatih Frank de Boer menginstruksikan bek kiri ini untuk ikut membantu serangan.



Beberapa kali membantu serangan, bahkan mambuahkan dua gol yang dinantikan kubu Amsterdam. Kepada media Ajax, ia menuturkan:"Saya dapat kesempatan 15 menit saja, saya masih segar. Jadi saya main all out memeras tenaga, ikut menyerang dan ikut bertahan. " Kemenangan itu sangat berarti bagi Ajax, karena langsung bisa memimpin perolehan angka di Eredivisie.

Menarik melihat terciptanya gol kedua, Jairo nyaris terjebak off-side, tetapi karena bek kiri Roda JC yang nota bene #keturunan Ard van Peppen membuat kesalahan besar, tidak meninggalkan garis belakang. Media Ajax menyebut "Jairo sebagai pahlawan. Mencetak dua goal pada laga perdana. Mengikuti jejak Marco van Basten dan Johan Cruijff."

Sontak prestasi ini menjadikan #Riedewald sebagai trending topic di Twitter selama 6 jam.



Riedewald juga mengaku sangat gembira dengan kemenangan ini. Tidak diragukan pula ketika namanya masuk jajaran tiga pemain yang ikut pemusatan latihan di Belek Turki, 6-12 Januari.

Frank de Boer membawa semua pemain utama plus, tiga pemain baru:  Riechedly Bazoer, Ja├»ro Riedewald en Ricardo Kishna. Berikut susunan pemain yang dibawa ke Training Camp dan berpartisipasi dalam Antalya Cup yang diikuti Galatasaray, Trabzonspor dan Celtic.

Menemukan bahwa Ajax punya pemain #keturunan Indonesia, selain Ezra Walian maka Sepakbolanda akan lebih sering menampilan klub Amsterdam ini. Semoga Jairo menjadi pemain pilar dan segera disusul oleh Ezra Walian.
Posting Komentar