Sabtu, Januari 04, 2014

Keturunan lawan Keturunan di HFC Haarlem

Laga persahabatan Koninklijke HFC Haarlem lawan tim mantan pemain Timnas Belanda, Sabtu 4 Januari besok, kental nuansa #keturunan. HFC akan diperkuat bek kiri keturunan Vincent Volkert. Dan dipihak ex-internationals Oranje, Michael Mols.

Pertandingan antara tim utama HFC Haarlem, yang berlaga di Hoofdklasse Divisi 4 Belanda lawan tim mantan pemain nasional Belanda tahun 2014 ini digelar seperti biasa di lapangan utama klub Haarlem. 

Laga tahunan ini sudah memasuki edisi ke 81. Dan bagi sepakbolanda sangat menarik karena tahun lalu dan tahun ini menampilkan dua pemain keturunan pada kedua kubu. Baik di HFC Haarlem maupun di tim ex-international terdapat pemain keturunan. 

Di HFC Haarlem diperkuat minimal satu pemain #keturunan. Vincent Volkert kelahiran 05 November 1991 keturunan Jakarta yang menjadi pemain andalan tim tuan rumah untuk posisi bek kiri. Sedangkan tim mantan timnas Belanda yang dibesut legendaris Ajax, Sjaak Zwart juga akan diperkuat oleh Michael Mols. Mantan pemain FC Twente, FC Utrecht dan Glasgow Rangers FC ini diyakini memiliki akar di Indonesia. 


Berikut susunan pemain yang akan memperkuat tim ex-internationals Oranje.
Marc van Hintum
Pierre van Hooijdonk
Wim Kieft
Pieter Huistra
Michel Kreek
Ronald de Boer
Martijn Meerdink
Oscar Moens
Michael Mols
Arthur Numan
Andre Ooijer
Bryan Roy
Orlando Trustfull
Frank Verlaat
Aron Winter
Rob Witschge
Richard Witschge
Frank de Boer

Coach: Sjaak Swart

Sementara itu tim tuan rumah akan menurunkan skuad di bawah ini: 


Michael Mols #keturunan yang bermain di lini depan itu sudah pernah berkunjung ke Indonesia tahun 2012. Dia meraih gelar sebagai pemain terbaik pada turnamen di Jakarta, Turnamen EPL Masters Indonesia 2012. Mols pernah enam kali memperkuat timnas Belanda. Seperti tahun-tahun sebelumnya Michael akan menjadi salah satu tumpuan serangan ex-Oranje.


Vincent Volkert kaos Putih Pic: HFC Haarlem
Sementara itu kubu tuan rumah akan menurunkan minimal satu pemain #keturunan, Vincent Volkert, di bek kiri. Kepada Sepakbolanda.com, Vincent mengatakan dirinya akan dipasang sejak awal. Bek kiri berusia 22 tahun ini bergabung ke HFC sejak musim 2012-13 lalu. Volkert mengawali sepak bola di SV Overbos di Hoofddorp, SV Hoofddorp dan akhirnya HFC Haarlem. 

Berbakat
Baru beberapa bulan bermain di klub barunya Vincent Volkert langsung mendapat gelar sebagai Pemain Paling Berbakat 2013 di HFC Hoofddorp. Dengan gelar ini maka Vincent dipandang sebagai pemain yang memiliki prospek masa depan  yang cukup baik. Kepada Sepakbolanda, ia mengatakan tahun ini ingin menjuarai kompetisi Hoofdklasse (Divisi 4). "Saya harap tahun ini kita bisa menjuarai kompetisi di Hoofdklasse, agar bisa promosi ke Topklasse." 



Vincent Volkert memiliki akar di Jakarta dan sudah beberapa kali berkunjung ke Indonesia. Ayahnya Robert Volkert, lahir di Batavia. "Saya lahir di Mister Cornelis, sekarang namanya Jatinegara." 


Vincent baru salah satu #keturunan di HFC Hoofddorp yang akan berlaga melawan tim para mantan pemain nasional Belanda.  Kemungkinan masih ada lagi pemain di HFC yang punya latar belakang Indonesia. Menariknya Sabtu ini, bukan saja pemain di kedua kubu memiliki akar di Indonesia.

Ramai Indonesia
Penontonnya juga akan ramai dengan orang-orang Indonesia baik yang keturunan maupun yang Indonesia tulen. Ezra dan Glenn Walian menyatakan akan menyaksikan laga ini. Ezra akan menyaksikan Orlando Trusfull, pelatihnya di A1 Ajax, berlaga di Haarlem. Selain itu keluarga Volkert dan Walian sangat akrab. Mereka kenal baik satu sama lain.


Kehangatan
Sepakbolanda juga akan membawa kawan-kawan untuk meramaikan hari Sabtu di musim dingin ini. Semoga canda dan tawa khas Indonesia bisa meramaikan dan menghangatkan suasana dingin di Haarlem Belanda.








Posting Komentar