Jumat, Januari 03, 2014

Jhonny van Beukering Sangkal Punya Kebun Ganja


Jhonny van Beukering #keturunan yang pernah memperkuat timnas Indonesia, didakwa menanam gelap ganja. Sepakbolanda menghimpun berbagai informasi tentang kasus kebun ganja.

Sepakbolanda menemukan berita Jhonny van Beukering didakwa kasus penemuan 600 batang pohon ganja di rumah miliknya. 
Links media besar Belanda itu menampilkan berita kasus penanaman 600 batang pohon ganja di kediaman Jhonny van Beukering. 

Awal Desember
Menurut berbagai sumber, kasus penemuan kebun ganja ini terbongkar pada awal Desember 2013 lalu. Berita baru muncul tanggal 2 Januari 2014 ini berkat pemberitaan dari de Gelderlander, media yang berbasis di Arnhem.

Santapan Media
De Gelderlander menyandarkan pada pernyataan dari Kepolisian dan Kehakiman Belanda, Nama Jhon van Beukering juga sudah jelas-jelas disebutkan di tulisan itu. Berita itu sontak mengundang media lain untuk mendalami perkara ini karena pemain sepakbola yang pernah memperkuat timnas Indonesia itu lumayan terkenal di Belanda.


Makin Terpuruk
Walaupun masih berstatus sebagai tersangka, belum resmi ditangkap namun media sudah sangat gencar mengulas. Media besar dan kecil. Kondisi ini membuat posisi Jhonny van Beukering semakin terpojok. Namanya makin terpuruk. Sebelumnya pebola 31 tahun yang pernah memperkuat Go Ahead Eagles, N.E.C. Nijmegen, Vitesse dan Feyenoord ini mendapat julukan "Van Burgerking." Julukan itu muncul karena dia dianggap terlalu gemuk untuk ukuran pemain sepak bola. Berita kebun ganja ini makin memperpuruk namanya. 

Jhonny Menyangkal
Sehari setelah berita di de Gelderlander itu, Jhonny terpaksa berreaksi. Telegraaf mengungkap bahwa dirinya tidak tahu menahu soal kebun ganja.
"Van Beukering menyangkal segala keterlibatan pada perkebunan ganja di rumah miliknya di Arnhem. Striker ini punya beberapa rumah di regio." Demikian tulis de Telegraaf.
Kepada media, Van Beukering mengaku bahwa polisi menemukan kebun ganja di rumahnya di kawasan Presikhaaf awal Desember 2013. Rumah itu disewakan ke orang lain, demikian Jhonny kepada Omroep Gelderland: 
"Sebagai pemilik rumah, saya harus mengawasi. Kalau tahu sebelumnya, saya tentunya akan melarang. Tapi kan, kita tidak bisa mengawasi semuanya. Sekarang saya kena getahnya, padahal cuman ingin bantu teman yang bermasalah uang." 
 Dikabarkan, Jhonny van Beukering meminta bantuan pengacara: 
"Ternyata nama saya menarik untuk pemberitaan media. Terlalu cepat menyalahkan orang. Belum apa-apa saya sudah dihakimi. Saya tidak tahu kelanjutan kasus ini. Mungkin saya harus menghadap hakim." 

Orang Baik?
Sepakbolanda cukup lega dengan pembelaan Jhonny. Mungkin saja dia adalah orang baik yang ingin membela teman terjerat masalah keuangan. Perkembangan kasus ini menarik untuk terus dipantau. Juga mengenai regulasi Undang-undang Ganja di Belanda. Banyak yang mempertanyakan kasus ini, ganja legal di Belanda, kok menanam dilarang?  Sepakbolanda kedepannya akan menyampaikan perundangan Belanda terkait obat bius ringan jenis ganja.



Indonesia Aman
Sepakbolanda juga mencatat bahwa Jhonny tidak disebut sebagai mantan pemain timnas Indonesia atau Pelita Jaya. Padahal nama klub-klub lainya disebutkan. Bagaimana hukumnya kalau seorang yang berpaspor Indonesia, terbukti nanam ganja di luar negeri? Semoga nama baik Indonesia tidak terbawa negatif dari berita ini. Indonesia sudah cukup direpotkan dengan masalah-masalah besar lain yang membutuhkan penanganan. 
Posting Komentar