Kamis, Februari 28, 2013

Vincent Volkert Bek Kiri Keturunan Indonesia


Sepakbolanda dan Vincent Volkert

Setelah 15 tahun berkecimpung di dunia sepak bola, khususnya di Belanda ini Sepakbolanda semakin sering menemukan nama-nama pemain Belanda yang memiliki ikatan darah dengan Indonesia. Istilah ikatan darah ini mencakup pemain keturunan Jawa Suriname, Maluku Belanda, Indonesia-Belanda, Indonesia-Indonesia dll.

Vincent Volkert HFC Haarlem (Kaos Putih)

Ketika 'main'  ke akademi Ajax Amsterdam de Toekomst menyaksikan pertandingan liga junior, Sepakbolanda berjumpa dengan pemain yang memiliki ikatan darah dengan Indonesia. Vincent Volkert (19 tahun) bermain di divisi empat Belanda (zondag hoofdklasse).

Kamis, Februari 14, 2013

Ezra Walian Cium Ibunya Setiap Gol

Sepakbolanda mendapat kabar dari Glenn Walian, ayah dari Ezra Walian. Pria keturunan Manado ini mengabarkan bahwa putranya telah merampungkan turnamen empat negara bersama timnas Belanda, U-16 di Portugal. Dan Ezra punya ritual khusus mencium tato setiap cetak goal.

Walaupun akhirnya Belanda tidak sampai menjuarai turnamen itu, karena kalah di finai 1-2 dari tim tuan rumah Portugal, tapi turnamen ini sangat berkesan bagi Ezra dan Glenn.

"Sepanjang pertandingan lawan Portugal, ia (Ezra red.)  dipasang di sayap kanan. Sejatinya bukan posisi kesukaannya, tapi dia berusaha tampil maksimal," demikian tulis Glenn. Pada setiap pertandingan di Portugal ini Ezra mencetak satu gol dalam setiap laga.

Sepakbolanda juga menilai bahwa Ezra yang masih belum berusia 16 tahun ini memiliki potensi menjadi seorang bintang yang besar. Bukan saja secara teknis dan taktis yang luar biasa. Tetapi secara mental juga perlu diacungi jempol.


Bayangkan saja, pemuda belia ini tetap bermain baik dan penuh konsentrasi. Padahal belum dua bulan silam ibunda baru meninggal dunia. Cintanya pada mendiang ibunya, terpatri di lengan kirinya. Setiap kali Ezra mencetak goal, dia selalu mengecup lengannya dan mengarahkan telunjuk ke langit. Seperti disampaikan Glenn kepada Sepakbolanda. 
"Untuk mengenang ibunya, dia membuat tato di lengan kiri atas dengan tulisan " Mamma 30-10-1963." dan dia mengecup lengannya itu setiap kali mencetak gol. Sebab dia yakin ibunya menyaksikannya," tutup tulisan Glenn Walian kepada Sepakbolanda. Mungkin itu cara Ezra merubah kesedihan menjadi semangat untuk berprestasi lebih baik. 

Hasil akhir turnamen empat negara di Portugal:

1. Portugal  3-9 (6-2)
2. Nederland 3-4 (5-3)
3. Austria 3-2 (2-3)
4. Skotlandia 3-1 (2-7)

Maret mendatang Oranje U-16 kembali akan mengikuti turnamen di Prancis. Ezra Walian kemungkinan akan terbagi dalam grup bersama Inggris, Jerman dan Cile.

Selasa, Februari 12, 2013

Ezra Walian, ke Bangka Tanah Oma

Juli 2013 ini Ezra Walian dan keluarganya akan berlibur ke Indonesia. "Khusus untuk kali ini kami ingin mengunjungi dua tempat Bangka dan daerah pinggiran Jakarta," demikian ungkap Glenn Walian ayah Ezra kepada sepakbolanda.


Keluarga Belanda-Manado ini memang merasakan kedekatan dengan Indonesia. Dan kami ingin berlibur sekeluarga ke Indonesia. "Kami ingin mendatangi rumah keluarga ibu saya di Bangka. Karena kami belum pernah ke sana. Kalau Manado, keluarga ayah sudah pernah," tutur Glenn kepada Tanjung Pro. 

"Kami juga merasakan kedekatan dengan Indonesia, walaupun saat ini kami tidak lancar berbahasa Indonesia. Menjelang keberangkatan ke Indonesia, kami akan mengikuti kursus bahasa Indonesia secara intensif," paparnya kepada Sepakbolanda, di sela-sela menyaksikan pertandingan Ajax B1 lawan Feyenoord B1 yang kompleks 'de Toekomst' Amsterdam.

Sementara itu kunjungan ke tempat lain adalah di pinggiran kota Jakarta, dengan membawa misi bakti sosial. "Ezra akan memberikan clinics pada beberapa anak remaja di sana. Dan kami juga akan menyumbangkan beberapa atribut olah raga." 

 

Ezra Walian, Bintang Belanda Cinta Indonesia

Indonesia berkenalan dengan Sergio van Dijk pemain Belanda keturunan Indonesia yang memulai karir baru di Persib Bandung dan jadi WNI.  Di saat yang sama Belanda juga berkenalan dengan striker muda keturunan Indonesia.


Namanya Ezra Walian, usianya belum 16 tahun. Dia menjadi striker andalan timnas Belanda, U16 yang sedang melakoni laga persahabatan empat negara di Portugal.
Pada pertandingan lawan Austria berakhir imbang 1-1. Dan saat meladeni Skotlandia, Ezra dan kawan-kawan meraup kemenangan 3-0. Ezra berhasil mencetak satu gol untuk kemenangan Belanda.

Lewat Facebooknya, Ezra mengatakan gembira dengan kemenangan ini. "#me #dutch #squad #under 16 #proud #dream #came #true #vs #schotland #3-0 #won #1 #goal #happy⚽❤" 

Sejak menjadi top skorer pada piala Lion City Cup di Singapura 2012 lalu, nama Ezra Walian sudah sangat melekat di telinga penccinta sepak bola Indonesia. Glenn Walian, ayahnya adalah seorang pria keturunan Indonesia. 

Tanjung dan Glenn Walian

Kepada Sepakbolanda, Glenn Walian menyebutkan bahwa ikatan Ezra dengan Indonesia sangat dekat. "Setiap kali ia selalu menyebut dirinya cinta Indonesia." Hal itu tampak pula pada statusnya di Twitter.


Salut Pada Sergio van Dijk

"Kamu dimana sekarang?" begitu tulis Sergio van Dijk di tweet langsungnya kepada Sepakbolanda, sehari menjelang konferensi pers di Persib Bandung. Sebelumnya Sergio van Dijk memang berjanji akan memberitahu kalau semuanya sudah rampung.


Setelah resmi menjadi pemain Persib Bandung, dan sebelumnya menjalani sumpah WNI maka, mantan pencetak gol terbanyak di liga Australia itu sekarang bisa unjuk kebolehan kepada publik Indonesia. 




Sabtu, Februari 02, 2013

Radja Nainggolan Langsung Unjuk Kwalitas

Pemanggilan Radja Nainggolan untuk timnas Belgia jelang pertandingan persahabatan lawan Slowakia 6 Februari, bukan tanpa alasan. Belum 24 jam kemudian pemain keturunan Indonesia-Belgia itu membuktikan kwalitasnya dengan sumbangan gol yang membuka kemenangan klubnya Cagliari atas AS Roma 4-2.




Sudah pada menit ke 3, Radja menerima umpan datar dari sayap kanan, dan dengan satu sentuhan terarah melambungkan bola ke atap gawang AS Roma. Semoga saja penampilannya di laga persahabatan lawan Slowakia merupakan awal dari come back pemain keturunan Indonesia itu di timnas Setan Merah besutan Marc Wilmots.

Belgia saat ini berada di Grup A. kwalifikasi Eropa. Dan tampaknya saat ini negeri selatan Belanda ini memimpin perolehan angka sementara dan berpeluang besar lolos putaran akhir.


Sumber: Wikipedia
Berita terkait:




Jumat, Februari 01, 2013

Radja Nainggolan Lolos Timnas, Bisa Bikin Nil Maizar Cemburu

Radja Nainggolan, pemain keturunan Indonesia kelahiran Belgia, kembali dipanggil memperkuat timnas Belgia. Pelatih Marc Wilmots menilai putra sulung Marianuas Nainggolan itu layak kembali memperkuat timnas berjuluk Setan Merah. Nil Maizar bisa mengelus dada kalau melirik rekannya dari Belgia.

Nil Maizar

Pelatih timnas senior Indonesia, Nil Maizar bisa jadi iri pada Marc Wilmots karena beberapa alasan.
1. Radja Nainggolan dan kawan-kawannya sangat girang ketika mendapat panggilan oleh Marc Wilmots. Sementara Nil, sering ditolak ketika memanggil pemain yang dia dambakan untuk Garuda.

2. Faktor lain adalah materi pemain. Sementara Nil yang hidup di negara berpenduduk minimal 220 juta jiwa kesulitan mendapatkan materi pemain bagus. Rekan seprofesinya dari negeri mungil Belgia yang berpenduduk tidak sampai 11 juta jiwa, itu punya stok melimpah pemain kelas dunia.

3. Satu lagi keuntungan Marc dibanding dengan Nil. Kalau Nil mengalami kekalahan 5-0 dari Yordania, kemungkinan Marc akan memetik kemenangan dari Slowakia.

Air Liur

Sepakbolanda, sampai meneteskan air liur segelas ketika melihat daftar pemain yang dimiliki Belgia saat ini. Untuk pertandingan persahabatan lawan Slowakia, 6 Februari 2012 di Brugge, Wilmots bisa memasang nama-nama dari liga besar untuk semua lini: