Jumat, Desember 06, 2013

Brasil 2014 Asik Kalau Ada Dua Keturunan Ini

John Heitinga berjuang keras jadi satu-satunya pemain Belanda #keturunan yang beraksi di Piala Dunia Brasil 2014. Dia berusaha mendapat jam terbang panjang, sebagai syarat lolos timnas Belanda.


Saat ini peluang bek Belanda keturunan Indonesia untuk menjadi bagian dari timnas Belanda di Piala Dunia Brasil 2014 sangat kecil. Sebab musim 2013-2014 ini Heitinga tidak mendapat jam terbang di klubnya Everton Inggris. Sementara pelatih Belanda, Van Gaal hanya menyaring pemain yang menjadi pilar di klubnya.

John Heitinga ingin memutus kebuntuan ini dengan mengumumkan mencari klub lain di jeda musim dingin ini, winter stop Januari.



Keinginan meninggalkan The Toffees, julukan Everton tidak dihalangi oleh pihak klub. Sebaliknya pelatih Roberto Martinez bahkan siap membantu John menemukan klub baru.

Situs Everton menyadur Martinez yang mengatakan:" Jhonny seorang profesional. Sejak hari pertama selalu punya pengaruh yang besar. Ingin bekerja keras. Kami memahami keinginan dia. Jika ia ingin mendapatkan jam terbang, kami ingin membantu di bulan Januari ini."

Sikap kooperatif Martinez bisa difahami karena kalau Johnny yang kontraknya berakhir medio 2014, pergi sekarang klub masih bisa dapat bagian uang transfer. Jadi kepergian Heitinga tidak akan menimbulkan konflik dengan klub. Harapannya di klub baru pemain 30 tahun itu bisa mendapat jam terbang lebih banyak.

Dengan tujuan meyakinkan pelatih timnas Belanda, Louis van Gaal bahwa masih ada bek berpengalaman yang perlu dipanggil.

Ditanya soal niatnya kembali ke klub Belanda, Heitinga mengatakan belum berrencana sekarang. "Saya baru 30 tahun, masih ingin bermain beberapa tahun di luar negeri." Ungkapnya kepada Voetbal International, tabloid terkemuka Belanda.

Ia yakin masih mampu bermain di kompetisi besar. "Saya ingin bermain di klub yang memberi peluang terbesar untuk bisa menjadi starting-11. Bila mungkin di kompetisi besar Itali, Spanyol atau Prancis."

Tampaknya Fiorentina dari SeriA Itali merupakan calon paling serius. Harapannya semoga Johnny mendapat jam terbang yang panjang sehingga menarik perhatian pelatih Louis van Gaal untuk membawanya ke Brasil. Sebab sejak tour ke Indonesia dan China, tahun ini Van Gaal tidak lagi memanggil pemain keturunan Indonesia ini.

Dua Keturunan
Jika Heitinga ikut ke Brasil atas nama Oranje dan Radja Nainggolan juga dipanggil oleh Marc Wilmots memperkuat Timnas Setan Merah Belgia, maka akan ada dua pemain keturunan yang berlaga di Brasil 2014. Sama seperti tahun 2010 lalu di Afrika Selatan, ketika Giovanni van Bronckhorst dan John Heitinga mengawal lini belakang Belanda.


Posting Komentar