Selasa, November 19, 2013

Kolombia Bisa Jadi Perusak Rekor Belanda di 2013

Timnas Belanda kehilangan beberapa pemain, dalam menjamu Kolombia di ajang persahabatan. Pelatih Louis van Gaal tampaknya harus mengakui rekor tak terkalahkan tahun 2013 akan patah di tangan Kolombia.


Senin siang Louis van Gaal mengumumkan tidak bisa menurunkan dua pemain pilarnya. Arjen Robben dan Robin van Persie. Selain itu Nigel de Jong juga absen karena cedera kaki. Dengan demikian dua dari tiga pemain intinya tidak akan ikut memperkuat lawan Kolombia sebagai urutan ke empat ranking FIFA. Hanya Kevin Strootman saja pemain pion Van Gaal yang merumput lawan Kolombia


Hasil Laga Oranje di 2013


6 Februari Nederland - Italia 1-1 (friendly)
22 Maret, Nederland - Estonia 3-0 (Kualifikasi PD)
26 Maret, Nederland - Roemenia 4-0 (Kualifikasi PD)
7 Juni, Indonesia - Nederland 0-3 (friendly)
11 Juni, China - Nederland 0-2 (friendly)
14 Agustus, Portugal - Nederland 1-1 (friendly)
6 September, Estonia - Nederland 2-2 (Kualifikasi PD)
10 September, Andorra - Nederland 0-2 (Kualifikasi PD)
11 Oktober, Nederland - Hongaria 8-1 (Kualifikasi PD)
15 Oktober, Turki - Nederland 0-2 (Kualifikasi PD)
16 November, Jepun - Nederland 2-2 (friendly)
19 November Belanda - Kolombia

Menyandar pada hasil laga persahabatan lawan Jepang, yang berakhir seri 2-2 dan menelanjangi kelemahan lini pertahanan timnas Belanda dan absennya Robben serta Van Persie maka berat untuk Oranje bisa memenangkan pertandingan lawan Radamel Falcao dan kawan-kawan.

Sepakbolanda melihat Selasa 19 November ini menjadi hari bersejarah bagi Luois van Gaal, sebagai satu-satunya hari kekalahan Oranje di tahun 2013. Apalagi mengingat Kolombia sedang dalam performa prima dan berhasil menumbangkan timnas Setan Merah, Belgia di kandang 0-2. 



Pelatih Kolombia, Jose Pekerman menyayangkan keabsenan Arjen Robben dan Robin van Persie. "Laga ini sebenarnya bertujuan untuk mengukur kekuatan antara pemain-pemain terbaik dunia." Ungkao sang pelatih Kolombia asal Argentina itu. 

Dua hal yang sudah bisa menjadikan Van Gaal merasa tenang adalah Belanda sudah lolos putaran akhir di Brasil. Berbeda dengan negara-negara lain yang masih menjalani play-offs seperti Portugal, Prancis dan Swedia. Hal lain adalah, Van Gaal tidak perlu kuatir dengan penggantinya. Mereka ngantri.

Penerus Van Gaal
Sementara itu Belanda juga sudah mulai menghitung dan berspekulasi tentang penerus Louis van Gaal yang mengumumkan mundur pasca Brasil 2014. Selama ini beredar nama Ronald Koeman sebagai kandidat yang berpeluang besar. 

Belakangan muncul nama baru Danny Blind, asisten Van Gaal di Oranje, dan yang paling mengejutkan adalah melejitnya nama Guus Hiddink. Walaupun KNVB menyangkal kontak dengan Hiddink tapi publik Belanda mendukung pencalonan kembali mantan pelatih timnas Australia, Korsel, Rusia dan Belanda itu.

Berbagai pengamat meragukan strategi Ronad Koeman yang dianggap pragmatis yang mengedepankan hasil ketimbang pembibitan muda. Sementara itu Danny Blind, memiliki kesamaan pandangan dengan pelatih sekarang Van Gaal. 

Tetapi Blind dianggap masih muda. Pengamat melihat kombinasi Danny Blind-Guus Hiddink sebagai ganda maut yang bisa meraih sukses dengan timnas Belanda di piala Eropa, 2016. Tapi sebelum kesana, Belanda ingin tampil baik di Piala Dunia Brasil 2014 mendatang bersama Louis van Gaal.
Posting Komentar