Jumat, November 22, 2013

Gio van Bronkhorst Bisa Melatih Timnas Indonesia?

Giovanni van Bronckhorst, #keturunan mantan kapten Oranje, Kamis kemarin resmi meraih diploma pendidikan pelatih utama, Coach Betaald Voetbal. Asisten pelatih Feyenoord itu sejatinya sudah lulus ujian bulan Mei lalu, tapi baru 21 November ini menerima sertifikatnya. 

Dengan mengantongi sertifikat ini maka mantan pemain timnas Belanda, keturunan Maluku itu bisa menjadi pelatih kepala di semua klub liga Belanda. Lulus bersama Giovanni hari ini Arjan van der Laan dan Peter van den Berg keduanya asisten pelatih Sparta Rotterdam, mantan pemain timnas Peter van Vossen dan  Marinus Dijkhuizen, mantan striker Excelsior, demikian ditulis FCUpdate.nl

22 Mei 2013 ketika Gio dinyatakan lulus sebagai pelatih di Belanda, dia mengatakan:"Senang bisa menyelesaikan pendidikan dan meraih diploma. Sangat sibuk karena mengombinasikan peran sebagai asisten di Feyenoord dengan pelatih tim U21. Semua itu memberikan banyak pengalaman," ungkap mantan kapten Oranje yang mencapai final di Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan itu.



Sejauh ini masih belum jelas masa depan Giovanni, setelah mengantongi ijazah pelatih tertinggi di Belanda ini. Ada kalangan menyebut Gio akan tetap mengikuti Ronald Koeman, karena memiliki berbagai kecocokan secara pribadi. Namun ada pula yang berspekulasi Giovanni akan menjadi asisten Guus Hiddink di Oranje. Semua serba dugaan. 


Timnas Indonesia?
Dua kemungkinan belum disebutkan, yaitu menjadi pelatih kepala di salah satu klub Belanda atau menjadi pelatih timnas Indonesia. Kita nantikan saja, jelang kompetisi 2013-14 berakhir. Giovanni sendiri sedang fokus pada mendampingi Ronald Koeman di Feyenoord yang rupanya tidak menutup ambisa mengantarkan Feyenoord menjadi juara liga tertinggi Belanda, de Eredivisie. 

Baru-baru ini Ronald Koeman mengatakan bahwa di liga Eredivisie ini tidak ada klub lain yang lebih kuat ketimbang Feyenoord. 
".. kalau kita melihat pertandingan di kompetisi, kekuatan serta kelemahan team-team, saya menilai bahwa tidak ada klub Belanda yang lebih baik dari kami," ungkap Koeman kepada Voetbal International.
Posting Komentar