Minggu, September 22, 2013

Keturunan Indonesia Baru 15 Tahun, Sudah Masuk Ajax U19

Kualitas Ezra Walian, pemain #keturunan Indonesia makin mantap diuji tim, di atas usianya pun tetap produktif. Ia menorehkan satu gol dan assist di laga Ajax A1 mengalahkan FC Utrecht A1. 


Pelatih Orlando Trusfull berani memasang bakat kelahiran 22 Oktober 1997 di tim U19. 
"Kami terkejut ketika Ezra diminta bermain di tim A1. Usai latihan, pelatih Orlando meminta Ezra siap main pada laga besok lawan FC Utrecht A1," demikian tulis Glenn Walian ayah Ezra kepada Sepakbolanda.com
video

Pada pertandingan di kompleks de Toekomst Amsterdam itu, Ezra mulai sebagai pemain cadangan. Seperti yang sudah disampaikan pelatih kepada Glenn Walian. "Pelatih mengatakan Ezra akan diturunkan pada babak kedua, maksimal 25 menit," kata Glenn kepada Sepakbolanda.com 

Hanya butuh 6 menit striker tajam ini langsung mencetak gol, dan menambah keunggulan Ajax A1 menjadi 5-1 pada menit ke 78. Sepuluh menit kemudian Ezra meluncurkan umpan matang yang akhirnya dimanfaatkan dengan baik gelandang Jordy Bruijn
Dengan kontribusi 1 gol dan 1 assist, maka debut perdana Ezra Walian di A1 bisa dianggap sukses. Masih menjadi tanda tanya apakah penampilan Ezra di tim di atas usianya ini hanya sekali atau akan terulang kembali.


Glenn menduga, dengan penampilan baik ini, panggilan akan datang lagi dikemudian hari. 
"Kami akan dengar penjelasan resmi saat evaluasi, beberapa hari lagi. Tapi kalau melihat pelatihnya puas begitu, kami khawatir akan dipanggil lagi." 

Terlalu Pesat

Sejatinya, Glenn sendiri mengharapkan Ezra menempuh jenjang yang lebih alami. 

"Sebaiknya dia main lebih sering di tim U17 dulu, baru kemudian naik ke U19. Tim A2 ini juga masih baru buat dia. Ezra baru tiga kali main sudah dipanggil. Saya khawatir terlalu cepat," demikian sang ayah bijaksana.

Sangat Baik

Tim Ezra bermain sangat baik dan ditambah dengan melemahnya FC Utrecht A1 yang bermain dengan 10 orang setelah kapten Sofyan Amrabat mendapat kartu merah. Ezra diturunkan pada menit ke 72, menggantikan Queensy Menig. 


Bakso

Sejak awal musim 2013-2014 ini Ezra bermain di tim A2. Musim lalu penyuka Bakso ini sukses menjadi topskorer dengan 28 gol dan menjuarai liga nasional bersama tim Ajax B1. Sukses ini berbuah pada panggilan ke tim A2 atau U17.  Di tim A2 ini pemain keturunan Manado ini baru tiga kali bermain. Dan selalu mencetak gol.

Tulisan lain tentang Ezra Walian:


Posting Komentar