Selasa, Agustus 20, 2013

Tanggapan Joey Suk Soal Timnas dan Debut Lilipaly


Beberapa hari setelah timnas Indonesia melakoni laga persabatan lawan Filipina di Solo, 14 Agustus lalu, Joey Suk pemain #keturunan Indonesia di NAC Breda ikut senang.


Walaupun secara resmi Joey Suk belum berstatus WNI tapi hatinya sudah merasa dekat dengan Indonesia. Kepada Sepakbolanda mengucapkan selamat kepada Indonesia atas kemenangan 2-0 dari Filipina. Selain itu gelandang NAC Breda itu juga turut gembira dengan penampilan perdana Stefano Lilipaly di timnas Indonesia.

"Om Djen, saya lihat Stefano main debut di timnas Indonesia. Sangat fantastis ya untuk dia," demikian tulis gelandang "Box-to-Box" kepada Sepakbolanda. 

Dari ungkapannya itu Sepakbolanda merasakan bahwa Suk sebenarnya juga ingin seperti Stefano, rekannya. Seperti keinginan main di timnas Indonesia tetap menggebu.


Pemain keturunan Indonesia dari garis ibu, kelahiran 8 Juli 1989 Deventer itu, juga masih tertarik bermain untuk timnas Indonesia.


Namun dia mengalami kendala, sedang mengurusi kepindahan dari klub lama Belgia, Beerschot ke NAC Breda.

 "Belakangan saya masih sibuk dengan pindahan. Dari Antwerpen Belgia ke Breda Belanda." 

Namun demikian kontak dengan Indonesia tidak pernah putus. Pemain yang dekat dengan Diego Michiels di masa Go Ahead Eagles mengungkapkan masih tetap kontak dengan pengurus PSSI. "Saat ini pihak pengurus sepak bola Indonesia masih tetap menghubungi saya," ungkapnya kepada Sepakbolanda. Orang bersangkutan memang sudah sejak lama menjadi penghubungan dengan Joey Suk dalam proses naturalisasi sebelumnya. 

Terkait:

12 komentar:

Anonim mengatakan...

semoga saja joe suk bisa sesegera mungkin menjadi WNI dan dapat membantu Garuda terbang tinggi di per-sepakbola-an Dunia >>>>

Eka Tanjung mengatakan...

amiin..semoga om

Anonim mengatakan...

mksh om tlah ksh brta trbaru dr joey suk.km menunggu kabar slanjutnya.

Anonim mengatakan...

Kira" orang dari PSSI itu siapa y om?

Anonim mengatakan...

Siapa lagi kalau bukan iman arif

Anonim mengatakan...

TETAP SEMANGAT JO,,,SUK,,,ANE MENDUKUNGMU KLO ORANG INDONESIA DIDALAM NEGERI GA BISA NGATASI AMBIL LUAR NEGERI YANG BISA NGATASI,,OCLEY BYO...

dede mengatakan...

ereh moy......sesuai prediksi saya jika s.lilipaly dimainkan akan atraktif krn pengalaman eredivise spt Bachdim dulu, apalagi ditambah Joe Suk dan van der Maarel juga, lebih yahuudd...ayo pengurus PSSI cepat naturalisasi mrk berdua...

Anonim mengatakan...

Menurut saya naturalisasi tidak akan menyelesaikan masalah, Indonesia ada 220 juta jiwa, yang paling penting adalah pembinaan bibit2 muda (untuk long term). Sedang untuk short term, saya rasa naturalisasi yg sekarang sudah cukup.

Kalau pemain timnas isinya naturalisasi semua, apa bedanya dengan tim2 lokal yang diisi mayoritas pemain asing semua (tiap tim ada 5 pemain asing). Bagaimana masa depan pemain2 muda di liga lokal, kalau mereka tidak pernah dapat jatah bermain baik di level klub ataupun di timnas.

Lagipula seorang pemain tidak mungkin bakal mau melepas suatu kewarganegaraan kalau tidak ada motif untuk dapat $$$ lebih besar di indonesia (dgn harapan jd pemain timnas, tenar, dipuja2, masuk tv, iklan, dsb).

Saat orang Indonesia sendiri sampai "meributkan" siapa pemain berikutnya yang harus dinaturalisasi, itu menandakan kalau liga dalam negeri sudah hancur, masyarakat sudah tidak peduli lagi dengan pemain lokal.

Ini yang harus dibenahi oleh PSSI, bangkitkan kembali persebakbolaan Indonesia!

Fokus di manajemen bola dalam negeri (liga, pembinaan, regulasi, infrastruktur, dll). Masih banyaak yang harus PSSI benahi agar lebih baik kedepannya di jangka panjang daripada hanya sibuk mengobral jualan paspor ke pemain2 yang katanya punya "hubungan" dengan Indonesia.

eko sinchan mengatakan...

smg cpt menjadi warga negara indonesia. Kami menunggumu joey.

Anonim mengatakan...

sepakbolanda mantepp.
kapan joey suk maen ditimnas pa masih lama...

erwin apriansyach mengatakan...

Ketua BTN sekarang Bpk La Nyalla Matalitti, Kalau Joey emang Ngotot ingin bermain untuk Timnas indonesia silahkan hubungi Bpk La Nyalla.. Tp saya ragu itu bisa Terealisasi, karena Program Naturalisasi sdh d hentikan oleh Bpk Menpora Roy Suryo.

FURSAN AL-IZZAH mengatakan...

Joey terlihat memendam hasrat untuk main di Timnas kayak Fano, Van Dijk, Maitimo & Michels.. Saran saya sebaiknya Joey bermain di Indonesia supaya lebih terpantau & gampang kalo ada Pelatnas.. saran sy joey gabung saja ke Persib, disana ada Van Dijk, didukung supporter fanatik, stadion internasional yg baru, cuaca sejuk.. pokoknya erech mooi dech..hehehehe