Kamis, Agustus 22, 2013

Jong Ajax Lawan Yang Berat Buat ProDuta

Laga pamungkas yang dilakoni ProDuta malam ini sangat berat. Karena Jong Ajax walau usia rata-rata masih 20 tahun, tapi team ini rapih dan memiliki motivasi yang tinggi. 


Jangan heran kalau pertandingan malam nanti merupakan arus satu arah. Tim asuhan pelatih Fons Groenendijk ini akan mendominasi permainan. Permainan khas Ajax akan banyak melakukan tekanan dengan bola-bola kombinasi. 

Keuntungan tim tuan rumah adalah pengenalan medan yang lebih baik. Walaupun team tamu berasal dari Medan, tapi medan di Amsterdam nanti malam menguntungkan tim tuan rumah. Mereka mengenal cahaya dan suasana stadion. Selain itu team muda Ajax ini sangat ingin membuktikan kemampuannya di tataran liga dua Belanda.
Saat pertandingan: Amsterdam suhu 21 derajat C, Sedikit Berawan
Mulai musim ini tim Jong Ajax masuk ke liga dua Belanda, de Eerste Divisie atau Jupiler Leagua. Dari tiga pertandingan musim 2013-14, Jong Ajax baru mengemas satu kemenangan dan dua kekalahan. Dua kekalahan yang dialami dari TOP Oss dan MVV Maastricht, menurut Johan Cruijff, karena kwalitas tidak selalu bisa menang dari pengalaman.

Cari Pengalaman
Untuk mendapatkan pengalaman maka diperlukan banyak pertandingan persahabatan. Hal itu disampaikan Arjan Duijnker dari humas AFC Ajax kepada Sepakbolanda. "Pertandingan lawan Pro Duta ini merupakan bagian dari serangkaian latihan bagi Jong Ajax untuk menemukan ritme pertandingan."  

15-0
Sepakbolanda bukan ingin nakut-nakuti tapi tiga hari sebelum menjamu Pro Duta, Jong Ajax juga sudah menggelar laga tandang persahabatan lawan RKSV Nemelaer (Eerste Klasse). Jong Ajax melibas tim divisi lima ini dengan angka telak 15-0.

  1. Eredivisie (profesional)
  2. Eerste Divisie (profesional)
  3. Topklasse (amatir) 
  4. Hoofdklasse (amatir) 
  5. Eerste Klasse (amatir)

Kemungkinan Ajax akan melakukan penekanan sejak menit pertama. Seperti pada laga lawan RKSV, maka pelatih Groenendijk akan menurunkan semua 21 pemain termasuk yang selama ini jadi cadangan. 

Humas AFC Ajax kepada Sepakbolanda mengatakan "Laga persahabatan ini merupakan kesempatan bagi pelatih untuk mencoba semua pemain, yang tidak selalu mendapat kesempatan pada laga liga."



Sepakbolanda sadar ketika pemain cadangan diturunkan, mereka sudah seperti harimau tidak makan dua minggu. Semangat tinggi! "Kemenangan besar bisa memberikan kepercayaan bagi tim," ungkap Groenendijk. 

Kejam
Kalau kepercayaan meningkat sih boleh saja, Sepakbolanda tidak berkeberatan. Tapi kalau sampai menghajar tamu lebih dari 10 gol, itu namanya ingin menang sendiri dan membuat tamu yang sudah ongkosan datang jauh-jauh jadi kehilangan kepercayaan. 
Posting Komentar