Selasa, Juni 17, 2014

Robin van Persie Bukan Keturunan Indonesia

Robin van Persie, salah satu pilar timnas Belanda di Piala Dunia Brasil 2014 bukan keturunan Indonesia. 

Sepakbolanda hanya biasa saja melihat gol sundulan cantik penyama di laga lawan Spanyol. Rasanya biasa saja, karena dia bukan #keturunan Indonesia


Robin van Persie, pemain timnas Oranje dan Manchester United sedang berada di Indonesia dalam rangka laga persahabatan lawan timnas Indonesia. Pengoleksi gol terbanyak liga Inggris ini diduga memiliki darah Indonesia. Sepakbolanda punya dua bukti Van Persie, BUKAN keturunan Indonesia.


Sepakbolanda menerima email jawaban dari Bob van Persie, ayah kandung Robin. Menanggapi pertanyaan, apakah putranya memiliki garis keturunan dari Indonesia, Bob menulis bahwa Robin 100% Belanda. 


"Kalaupun ada hubungannya dengan Indonesia. Dahulu kakek dan ayah saya bekerja di Hindia Belanda sebagai angkatan laut Kerajaan Belanda," demikian Bob van Persie. 


Walau tidak dari mulut Van Persie sendiri tapi jawaban ini sudah menjelaskan bahwa pemain bintang ini tidak ada kaitan darah dengan Indonesia.

Hanya Heitinga Bukti kedua adalah penjelasan Kees Jansma, press officer KNVB kepada Sepakbolanda. Pria berkepala pelontos yang selalu jadi pendamping pelatih Louis van Gaal setiap konferensi pers itu menyebut bahwa John Hetinga satu-satunya pemain Oranje saat ini yang berdarah Indonesia. "Van Persie bukan, Janmaat juga bukan."

Kees Jansma, disamping Louis van Gaal



John Heitinga, dalam wawancara TV NOS, menyebut dirinya satu-satunya pemain Oranje yang punya roots di Indonesia. Walaupun demikian, Sepakbolanda tetap menjadi fan Robin van Persie. Tadinya karena mainnya bagus dan 'keturunan Indonesia', ya sekarang karena dia pernah kunjung dan main lawan timnas Tanah Air Tercinta.