Jumat, Mei 24, 2013

Penantian Joey Suk, Van der Maarel dan Xander Houtkoop

Dua klub diperkuat pemain keturunan Indonesia. FC Utrecht dan Go Ahead Eagles membuka peluang menoreh prestasi. Utrecht diperkuat Mark van der Maarel bisa lolos babak Europa League dan The Eagles, didukung Xander Houtkoop berpeluang besar promosi ke Eredivisie.


Europa LeaguaKamis malam waktu Belanda, FC Utrecht meraih kemenangan telak 0-2 pada laga tandang play-offs ke FC Twente memperebutkan satu ticket ke Europa League. Pertandingan penentuan digelar Ahad di kandang sendiri di stadion Galgenwaard Utrecht. 

Kejutan
Mengantongi 2 gol tanpa balas, tim asuhan Jan Wouters kemungkinan besar bisa menyisihkan FC Twente. Hasilnya baru bisa diketahui Senin pagi WIB. Mark van der Maarel dan FC Utrecht dipandang sebagai kejutan musim ini, karena dengan permainan yang kompak dan menarik berhasil meraih urutan 5 Eredivisie.


Trauma Volendam
Sementara itu kejutan lain datang dari Deventer. Go Ahead Eagles (GAE) lagi-lagi membuat FC Volendam tak mampu membalas 3 gol tim tuan rumah di Adelaarshorst. Gol pembukaan Go Ahead tercipta berkat pemain keturunan Xander Houtkoop. Ahad mendatang giliran FC Volendam yang harus mengejar ketinggalan di 0-3, di kandang sendiri. 

Tiga Hari Lagi
 Senin pagi WIB baru jelas apakah FC Utrecht bisa mempertahankan keunggulan selisih dua gol, dan menjadi salah satu team wakil Belanda di Europa League. Sepakbolanda melihat peluangnya sangat besar, sebab FC Utrecht dikenal sangat garang di kandang sendiri. 

Sama halnya dengan FC Volendam yang sudah terlanjur trauma kalah terus di moment penting dari Go Ahead Eagles. Pada pertandingan terakhir kompetisi Volendam yang sejatinya bisa menjadi juara liga Eerste Devisie kalau bermain imbang 3 Mei lalu. Tapi malah mengalami kekalahan juga dari Go Ahead 3-1. 

Akhirnya Cambuur yang jadi juara liga Jupiler dan langsung promosi ke Eredivisie. Sementara Volendam harus menjalani play-offs ini dan hasilnya kemungkinan besar akan menyakitkan. Dan Go Ahead akan promosi ke liga tertinggi Belanda. Bersama Xander Houtkoop tapi tanpa Joey Suk.


Joey Suk sudah meninggalkan Go Ahead dan menuju ke Beerschot di liga utama Belgia. Dia dilepas oleh suporter GEA sebagai pemain terbaik Eerste Divisie triwulan kedua. Sehingga transfernya menghasilkan pemasukan yang signifikan bagi Go Ahead.

Tapi pilihan ini tanpaknya bukan yang terbaik. Belum lima bulan bermain di Belgia, Beerschot terdegradasi dan dinyatakan pailit. 

Walaupun disinyalir beberapa kali ikut berlatih dengan GAE, tapi sudah dikabarkan Joey Suk tidak akan kembali ke Deventer. Dia sedang nego dengan salah satu klub Belanda, tapi Suk tidak menyebutkan nama.

Posting Komentar