Selasa, Mei 14, 2013

Keturunan Indonesia Ini Menjuarai Liga Belanda

Ezra Walian, pemain keturunan Indonesia di tim junior Ajax B1 berhasil menjuarai kompetisi Eredivisie untuk kategori usia U17 Belanda. Indonesia bisa berbangga karena pemain ini sekaligus merupakan striker Ajax yang paling produktif. 


Jadi bukan saja tim utama Ajax asuhan Frank de Boer saja yang menjuarai liga Eredivisie, tetapi tim muda Ajax asuhan Orlando Trustfull juga berhasil meraih gelar juara. Prestasi ini tidak lepas dari kontribusi pemain muda keturunan Indonesia. Ezra Walian kelahiran 22 Oktober 1997 ini menyumbangkan gol terbanyak di antara pemain Ajax lainnya.




Sementara tim utama Ajax mengandalkan produksi goal pada banyak pemain, tim B1 menyandarkan produksinya pada Ezra Walian. Glenn Walian, kepada sepakbolanda menyatakan bangga. Dan ia ingin putranya bisa berkembang lebih baik di masa depan. 


"Walaupun badannya besar, (180 cm red.) tetapi dia ini masih anak-anak. Jadi saya harus membimbingnya dengan baik." ungkap Glenn kepada Sepakbolanda.

Glenn Walian bersama Ezra


Sepanjang musim 2012-13 Ezra berhasil melesakkan 28 gol. Dengan jumlah ini maka pemain keturunan Manado ini berhak menamakan diri sebagai topskorer di antara pemain Ajax. Foto-foto perayaan kemenangan tim B1 bisa disaksikan di situs Ajaxshowtime.

Menerima Ucapan Selamat dari Wim Jonk (direktur akademi pembibitan Ajax) legendaris bola Ajax dan Inter Milan 

Terlalu Muda
Kualitas Ezra bukan saja tampak dari jumlah gol yang tersarang ke gawang lawan. Tetapi juga di usianya yang tergolong masih muda. Secara umur sejatinya dia masih harus di tim B2 (U16). Tetapi karena perkembangannya yang pesat maka dia dimasukkan ke dalam tim yang kebanyakan kelahiran 1996, minimal satu tahun di atas dia. 





Posting Komentar