Sabtu, Mei 25, 2013

John Heitinga Rindu Pada Tanah Leluhur

John Heitinga berkicau di Twitter tentang rencananya ke Indonesia bersama timnas Belanda dalam rangka laga persahabatan lawan tim Indonesia, 7 Juni mendatang ini. Bagi Heitinga, ini adalah perjalanan pertamanya ke negeri tempat lahir ayah dan kakeknya.



Membaca ungkapan Tweet ini, Sepakbolanda teringat kembali perjumpaan dengan John Heitinga di Stadion ArenaA Amsterdam, September 2011. Ketika itu bek Everton Inggris itu baru selesai laga timnas Belanda lawan San Marino. John bahkan mencetak gol ketiga lewat sundulan kepala.


Berikut saduran tulisan di Radio Nederland itu:

Dugaan pencinta sepakbola Indonesia tentang Johnny Heitinga ternyata benar. Bek tangguh timnas Belanda dan Everton FC itu membenarkan dirinya keturunan Indonesia.

John Heitinga menyampaikan kepada Radio Nederland bahwa dirinya benar punya darah Indonesia. "Ayah saya benar berasal dari Indonesia. Dan lahir di Jakarta."  Jawaban ini menghapuskan segala keraguan dan simpang siur tentang status keturunan pemain nasional Belanda yang aktif di Everton FC Inggris itu.
Belitung-Jakarta
Ronald Heitinga, paman Johnny dalam bincang telepon dengan Radio Nederland membenarkan ke-Indonesiaan ini. Gijsbert Johannes Heitinga kakek John berasal dari Pulau Belitung. Rob ayah John lahir di Jakarta. Keluarga besar Heitinga hijrah ke Belanda akhir tahun 1950an. "Kami enam bersaudara semuanya laki-laki. Empat lahir di Jakarta dan dua di Belanda. Kami pindah ke Belanda tahun 1959."


Ingin ke Indonesia
John adalah satu-satunya, keturunan ke tiga Heitinga yang menjadi pemain sepak bola. John Gijsbert Alan Heitinga itu menyadari dirinya tidak bisa bahasa Indonesia tapi secara bathin punya hubungan dengan negara kelahiran ayahnya, Rob. "Saya kadang mengikuti perkembangan sepakbola Indonesia, publik di sana sangat antusias sekali ya,"  tuturnya kepada Radio Nederland.
Defender kelahiran 15 November 1983 itu mengatakan dapat masukan dari keluarga dan juga info tentang sepakbola Indonesia dari Giovanni van Bronckhorst yang tahun ini (2011 red.) baru melawat ke Indonesia. Tampaknya latar belakang garis keturunan dan perkembangan sepakbola Indonesia mendorong pria kelahiran Alphen aan den Rijn itu untuk mengunjungi tanah leluhur.

Akhirnya rencana akhir 2011 baru bisa terlaksana Juni 2013. Semoga saja kesan pertamanya mengunjungi tanah leluhurnya, positif.




Posting Komentar