Selasa, April 02, 2013

'Van Marwijk Latih Timnas Indonesia'?


"Bert van Marwijk akan melatih timnas Indonesia" demikian bunyi judul tulisan di Indoweb, salah satu media Belanda yang biasa memberitakan perkembangan Indonesia. Walaupun Sepakbolanda sadar hari itu 1 April,  dan curiga, tapi tetap saja terpancing membacanya. 


Web yang dikelola seorang keturunan Indonesia Belanda itu menampilkan tulisan dengan judul bahwa mantan pelatih timnas Belanda, Bert van Marwijk akan membesut timnas Indonesia. Kalau memang benar, maka ini adalah sebuah langkah yang fantastis dari federasi sepakbola Indonesia, PSSI.

Tulisan ini memang mengatakan bahwa 'sumbernya dari sekitar PSSI menyebutkan akan mengontrak Bert van Marwijk sampai Piala Dunia 2018 di Rusia.'


  1. Tapi kalau mempelajari beritanya, maka Sepakbolanda lebih banyak curiganya daripada percaya. Melihat dari sisi pemberitaan, maka sebuah kutipan lumrahnya menyertakan sumber si pembuat ungkapan. Dalam artikel di Indoweb ini hanya menyebutkan sumber di sekitar PSSI. Kalau demikian, ungkapan itu tidak bisa dicek dan kroscek. Padahal itu adalah kunci sebuah berita.
  2. Tulisan itu menyebutkan bahwa Van Marwijk akan menggantikan Nil Maizar, 'pelatih timnas Indonesia yang tidak pernah memetik kemenangan, kecuali lawan Timor Leste.' Tulisan ini tidak tepat karena, pelatih timnas sekarang bukan lagi Nil Maizar. Mungkin sudah duo Rahmad Darmawan & Jacksen Tiago atau bahkan resminya Blanco.
  3. Mengingat kondisi finansial PSSI yang kabarnya sedang kurang sehat, maka memboyong Van Marwijk yang tidak murah, tidak masuk akal.

Kalau menyandarkan pada tiga butir keraguan di atas, maka Sepakbolanda tidak akan percaya dan menamai tulisan itu hanya bumbu renyah tanggal 1 April belaka. 

Tetapi kalau melihat parahnya kondisi sepak bola tanah air pada saat ini. Dan hausnya akan trobosan baru demi kebangkitan timnas Indonesia maka kehadiran pelatih sekaliber Van Marwijk bisa sangat membantu. 

Sepakbolanda berharap-harap cemas semoga berita ini benar: Van Marwijk akan melatih Indonesia. Seorang teman pernah berujar

'Apa sih yang tidak mungkin, di Indonesia? Semua bisa terjadi.' 
  
Posting Komentar